Belasan Rumah dan Ruko di Kompleks Klandasan Hangus Terbakar

Bencana membuat kepanikan masyarakat setempat

Balikpapan, IDN Times - Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kali ini, kebakaran sudah menghanguskan puluhan rumah dan sejumlah rumah toko yang berada di RT 27 dan RT 30 Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan Kota.

Kebakaran ini membuat panik warga setempat yang bermukim di kawasan padat penduduk ini. Warga berlarian keluar rumah, sebagian warga berusaha menyelamatkan anak-anak dan orangtua lanjut usia dari lokasi kebakaran.

Sebagian lagi di antara masyarakat berusaha menyelamatkan barang berharga milik mereka.

“Saat terjadi kebakaran, saya lagi masak, sekitar jam 11.00 Wita itu. Awalnya hanya ada asap, tapi nggak lihat ada api, saya kira ada orang bakar sampah,” ujar Isna salah seorang saksi dari warga setempat, Selasa (9/8/2022).

Isna mengaku sadar saat ada kepanikan luar biasa masyarakat di lingkungan rumahnya. Para warga saling berteriak histeris dan bersahutan meneriakkan adanya kebakaran di perkampungan. 

"Pas saya keluar baru saya lihat api itu sudah besar. Dari rumah yang belakang itu," jelasnya.

1. Hanya sempat bawa baju dan selamatkan anak

Belasan Rumah dan Ruko di Kompleks Klandasan Hangus TerbakarKebakaran menghanguskan belasan rumah dan rumah toko yang berada di RT 27 dan RT 30 Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan Kota, Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sedangkan warga lainnya Sariyati mengaku, dalam musibah ini rumahnya juga turut terbakar dan tidak sempat menyelamatkan barang barang berharganya.

“Gak sempat mas, ini cuma bawa baju di badan dan sama anak aja,” ujarnya lirih.

Ia tidak mengetahui asal api, namun saat kejadian ia mendengar warga meneriakkan 'kebakaran, kebakaran'.  Tidak menunggu lama, Sariyati langsung berinisiatif menyelamatkan diri ke luar rumah dengan barang seadanya. 

“Rumah di lokasi rapat rapat mas, itu juga rata-rata bangunannya semi permanen,” ujarnya sambil meneteskan air mata.

Baca Juga: Asyiknya Berwisata Susur Teluk Balikpapan dengan Kapal Pinisi

2. BPBD Kota Balikpapan kerahkan seluruh mobil PMK

Belasan Rumah dan Ruko di Kompleks Klandasan Hangus TerbakarKebakaran menghanguskan belasan rumah dan rumah toko yang berada di RT 27 dan RT 30 Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan Kota, Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara di lokasi bencana, Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Usman Ali mengatakan, pihaknya memperoleh informasi kebakaran dari masyarakat. Ia pun langsung mengerahkan seluruh unit mobil pemadam kebakaran termasuk mobil water supply.

“Ada sebanyak 16 unit mobil PMK yang kita terjunkan dari seluruh UPT, termasuk juga mobil PMK milik PT PHM, dan dua unit mobil water canon milik Sat Brimob Polda Kaltim dan Sabhara Polresta Balikpapan,” ujarnya.

Pihak BPBD Balikpapan masih fokus dalam proses penanggulangan kebakaran. Mereka belum bisa memastikan jumlah rumah dan ruko yang terbakar.  Mereka hanya memastikan, bencana kebakaran ini terjadi di RT 27 dan RT 30 Klandasan Ulu Balikpapan Kota.

“Kami masih lakukan pendataan, dua jam ke depan akan dilakukan proses pendinginan,” tegasnya.

Pihak BPBD Balikpapan banyak menemui kesulitan dalam menjinakkan kobaran api. Selain mayoritas bangunan terbuat dari kayu, letaknya pun berada di kawasan padat pemukiman. 

Situasi kepadatan di jam kerja juga cukup merepotkan mobil pemadam saat memasuki lokasi kebakaran. “Selain itu, bangunan terbakar ini terbuat dari kayu, dan angin dari laut bertiup sangat kencang dari laut ke darat,” paparnya.

3. Sejumlah orang sudah dimintai keterangan

Belasan Rumah dan Ruko di Kompleks Klandasan Hangus TerbakarKebakaran menghanguskan belasan rumah dan rumah toko yang berada di RT 27 dan RT 30 Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan Kota, Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Kasat Reserse Kriminal Polresta Balikpapan Komisaris Polisi Rengga Puspo Saputro mengatakan, pihaknya sudah memintai keterangan kepada sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi kejadian, terkait musibah kebakaran ini.

“Ada sejumlah warga yang sudah kita bawa ke kantor untuk dimintai keterangan, dari keterangan awal api berasal dari rumah warga yang berada di belakang ruko,” ujarnya.

Meskipun begitu, polisi bisa belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran ini. Mereka masih menunggu pihak BPBD Balikpapan dalam menyelesaikan proses pemadaman kebakaran. 

Sementara ini, mereka nantinya akan memasang garis polisi di lokasi kejadian yang diduga sebagai sumber pertama terjadinya kebakaran. 

“Kita akan pasang police line, namun setelah upaya pemadaman telah selesai dilakukan,” tutupnya.

Pantauan di lapangan, petugas pemadam kebakaran mampu memadamkan kobaran api pukul 13.30 Wita. Sedangkan data sementara, ada 10 rumah warga yang terbakar dan 6 unit ruko yang juga terbakar di antaranya gudang milik Toko Susana, toko obat, fasilitas biliar, rumah kos lantai 3, dan layanan penginapan.

Baca Juga: Cuaca Buruk Ombak Besar di Balikpapan, Memakan Korban Jiwa

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya