Cerita Rizki sebelum Tewas Dibunuh Pacarnya, Oknum TNI di Balikpapan

Sebulan menghilang ditemukan tinggal tulang belulang

Balikpapan, IDN Times - Keluarga Rizki Rahmadani (30) sangat terpukul. Rizki menjadi korban pembunuhan yang dilakukan oleh kekasihnya sendiri, seorang oknum TNI Praka MAM. Oknum TNI ini berasal dari kesatuan Yonif 600/R Modang, Kodam VI/Mulawarman.

Kepergian Rizki yang seorang guru SD ini meninggalkan duka mendalam bagi keluarganya. Praka MAM tega membunuh kekasihnya ini dengan alasan didesak segera menikahi korban sementara menurut pengakuan pelaku ia belum ingin menikah lantaran ingin sekolah lagi. Kesal terus didesak, pelaku pun tega menghabisi nyawa korban dan kemudian bungkam sebulan lebih.

Sementara itu, Kuswanto (60) ayah Rizki mengisahkan ia telah menangkap gelagat aneh dari Kiki, panggilan akrab korban. "Saya tanya, ada apa. Tapi dia tidak pernah menjawab," ujar Kuswanto, saat ditemui di kediamannya, pada Kamis (15/4/2021).

1. Korban terlihat muram dan lebih pendiam dari biasanya sebelum menghilang

Cerita Rizki sebelum Tewas Dibunuh Pacarnya, Oknum TNI di BalikpapanKuswanto, ayah korban pembunuhan di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sekitar seminggu sebelum Kiki menghilang, ia terlihat murung dan sedih. "Dia bilang kalau pihak keluarga si pria di Jawa menolaknya dengan alasan tidak ingin memiliki menantu dari Kalimantan," terangnya.

Kiki dan Praka MAM sebelumnya berkenalan di media sosial dan sudah dua tahun menjalin asmara. Mereka memang berencana menikah dan telah melakukan persiapan namun MAM menunjukkan tanda-tanda ingin mengakhiri hubungannya dengan alasan sudah dijodohkan oleh seorang perempuan di Jawa.

Pada tanggal 1 Maret,  hari dimana Kiki dinyatakan menghilang. Ia sempat pamit kepada orang tuanya untuk merubah data BPJS dan akan mengambil baju persit di penjahit yang berada di Pasar Manggar.

Kuswanto pun menghubungi Praka MAM untuk meminta tolong mencari putrinya namun tak diangkat dan pesan pun tak dibalas. "Besoknya baru dia menghubungi balik dan bertanya ada apa, saya minta dia bertemu saya di rumah dan kami bertemu pukul 17.00 Wita," paparnya.

Kuswanto sempat menanyakan, apakah Praka MAM bertemu dengan Kiki. Pelaku mengakui sempat bertemu saat mengambil baju persit korban pada siang hari dan itu menjadi pertemuan terakhir mereka.

Baca Juga: Kisah Didin Hamid, Bisnis Kopi di Balikpapan sampai ke Mancanegara

2. Tersangka mengakui membunuh korban

Cerita Rizki sebelum Tewas Dibunuh Pacarnya, Oknum TNI di BalikpapanIlustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah menerima laporan pihak keluarga atas hilangnya Kiki, POMDAM VI/Mulawarman pun lantas memeriksa Praka MAM pada 9 Maret lalu. Ia merupakan sosok terakhir yang bertemu korban sebelum dinyatakan hilang. Setelah menjalani pemeriksaan pada 12 Maret 2021, Praka MAM resmi ditahan dan menjadi tersangka pelaku pembunuhan.

Sesuai pengakuan pelaku, penyelidik militer pun menemukan lokasi jenazah korban di Jalan Jalan Transad KM 8, tembusan TPA Manggar, Balikpapan Timur pada 13 Maret 2021. Jenazah Kiki ditemukan tinggal tulang belulang dan dilakukan autopsi.

3 Tangis histeris keluarga saat jenazah datang ke rumah duka

Cerita Rizki sebelum Tewas Dibunuh Pacarnya, Oknum TNI di BalikpapanIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Kuswanto, pihak keluarga belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak penyidik terkait kasus ini. Selain menemukan jenazah, sepeda motor putrinya juga telah ditemukan di sebuah bengkel di Manggar.

Saat jasad korban tiba dengan mobil jenazah RS Kanujoso Djatiwibowo di rumah duka pada Rabu (14/4/2021) tangis histeris keluarga pun pecah. Keluarga meminta pelaku agar dihukum mati. Jenazah korban telah dimakamkan pada Rabu kemarin di TPU Kariangau.

Baca Juga: Minta Dinikahi, Oknum TNI di Balikpapan Tega Bunuh Kekasih

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya