Cuti Lebaran, Ribuan Warga Padati Pantai Manggar di Balikpapan

Lancar arus lalu lintas mudahkan warga ke objek wisata

Balikpapan, IDN Times - Pantai Wisata Segara Sari Manggar Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) padat pengunjung, Selasa (3/5/2022). Para pengunjung menikmati liburan di masa cuti lebaran 1443 Hijriah sekaligus eforia setelah dua tahun terjadi pembatasan pandemik COVID-19. 

Kepala UPTD Pantai Manggar Balikpapan Rusliansyah mengatakan, pengunjung Pantai Manggar bukan hanya didominasi warga setempat, tetapi juga dari luar kota di Kaltim. Seperti Samarinda, Tenggarong, Penajam Paser Utara (PPU), dan Paser. Bahkan pengunjung ini ada yang beradal dari luar provinsi seperti Kalsel, Kalteng, Kaltara, Jawa dan Sulawesi

“Kami perkirakan pengunjung yang hadir hari ini lebih dari 5 ribu,” ujarnya, Selasa (16/5/2022).

1. Akhir pekan pengunjung diprediksi 10 ribu orang

Cuti Lebaran, Ribuan Warga Padati Pantai Manggar di BalikpapanWisata Pantai Manggar di Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Rusli menambahkan, pengunjung itu mulai ramai sejak kemarin sore. Arus pengunjung di pantai ini terus meningkat selama liburan kali ini di mana terdapat setidaknya 2 ribu pengunjung dan terus meningkat. 

“Kami perkirakan, puncaknya bisa saja sampai 10 ribu pengunjung, dan itu nanti pada Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu,” jelasnya.

Arus pengunjung ini membuat jalur transportasi menuju lokasi pantai menjadi tersendat oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Petugas kepolisian berusaha mengurasi arus kendaraan agar tidak menimbulkan kemacetan. 

Baca Juga: Pantai Manggar Ditutup Karena Tak Bisa Terapkan Pindai PeduliLindungi

2. Lancar arus lalu lintas mudahkan warga ke objek wisata

Cuti Lebaran, Ribuan Warga Padati Pantai Manggar di BalikpapanWisata Pantai Manggar di Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Kepadatan ini, katanya, salah satunya juga karena lancarnya arus lalu lintas di Kaltim dengan telah beroperasinya Jalan Tol Balikpapan - Samarinda, sehingga memudahkan pengunjung untuk datang ke lokasi wisata ini.

“Bahkan ada pengunjung yang nelpon kami dari luar kota untuk nginap, tapi kami larang karena tidak ada izin untuk itu (nginap, red), karena ini level tiga” ujarnya.

Meskipun begitu, pihak pengelola tetap membatasi pengunjung Pantai Manggar ini. Para pengunjung nantinya akan diminta mengosongkan lokasi wisata saat memasuki sore hari pukul 17.30 Wita. 

Seperti diketahui, jam operasional Pantai Manggar dari pukul 08.00 hingga 17.30 Wita. “Jadi jam 17.30 Wita sudah kami imbau agar pengunjung mengosongkan tempat,” ungkapnya.

3 Warga diimbau jaga prokes

Cuti Lebaran, Ribuan Warga Padati Pantai Manggar di BalikpapanWisata Pantai Manggar di Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Tak lupa dia juga mengimbau para pengunjung agar taat protokol kesehatan. “Di sini juga harus pakai aplikasi peduli lindungi,” paparnya.

Di sisi keselamatan, ia meminta masing-masing pengunjung waspada pada seluruh keluarga dan barang bawaan. Para orangtua agar lebih inten dalam mengawasi keselamatan anaknya. 

“Jangan sampai lengah dan kehilangan, karena kondisi pantai lagi ramai,” tegasnya.

Adapun kondisi arus laut saat ini tergolong normal. “Tapi kami imbau juga kepada pengunjung agar tetap hati-hati saat berenang di laut, jangan sampai nanti pas air pasang dan tidak diperhatikan yang ada nanti malah repot. Kami juga pasang bendera berwarna merah di pantai untuk batas berenang,” tutupnya.

Baca Juga: Remaja Tenggelam saat Berenang di Pantai Manggar Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya