Deteksi Dini Karhutla, Polda dan Telkom Luncurkan ASAP Digital

Perkebunan sawit rawan Karhutla

Balikpapan, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia meluncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) Digital.

Kapolda Kaltim Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto mengatakan, wilayahnya mendapat tambahan delapan titik kamera CCTV di menara BTS milik Telkom untuk mengawasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Tujuh kamera akan ditempatkan di Kabupaten Paser sementara, dan satu akan ditempatkan di Kutim,” ujarnya usai peluncuran ASAP Digital di Hotel Platinum, Kamis (21/7/2022).

1. Perkebunan sawit rawan Karhutla

Deteksi Dini Karhutla, Polda dan Telkom Luncurkan ASAP DigitalKepolisian Daerah (Polda) Kaltim bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia meluncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) Digital, Kamis (21/7/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Imam mengatakan, penempatan kamera CCTV tersebut tak lepas dari cukup tingginya potensi Karhutla di Kaltim. Terutama yang terjadi di perkebunan kelapa sawit wilayah Paser dan Kutim.

“Daerah dengan perkebunan sawit yang luas memang cukup potensial terjadi Karhutla. Ini yang kami coba antisipasi,” paparnya.

Seperti diketahui, lokasi perkebunan kelapa sawit di Kaltim memang berada di dua kabupaten ini, yakni Paser dan Kutim. 

Baca Juga: Sembilan Titik Panas Tanda Karhutla Ditemukan di Kaltim 

2. Paser minta tambahan pemasangan CCTV

Deteksi Dini Karhutla, Polda dan Telkom Luncurkan ASAP DigitalIlustrasi (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Dalam peluncuran ASAP ini, Bupati Kabupaten Paser Fahmi Fadli mengaku senang dengan penempatan tujuh titik kamera CCTV di sejumlah lokasi perkebunan wilayahnya. 

Ke depan, katanya, harapannya akan semakin banyak titik kamera CCTV yang terpasang, sehingga bisa dipantau langsung dan potensi Karhutla bisa segera diantisipasi.

“Terima kasih kepada Telkom, harapannya tentu bisa diperbanyak titik yang bisa diawasi,” ujarnya.

3. Aplikasi ASAP miliki banyak keunggulan

Deteksi Dini Karhutla, Polda dan Telkom Luncurkan ASAP DigitalKepolisian Daerah (Polda) Kaltim bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia meluncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) Digital.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 6 Kalimantan Fera Pebrayanti mengatakan, lewat ASAP Digital ini Telkom ingin berperan dalam pemantauan dan analisis ancaman Karhutla. 

Tujuannya agar kebakaran hutan dan lahan tak meluas.

“ASAP Digital adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Telkom untuk mendeteksi dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di wilayah Indonesia, tak terkecuali Kaltim,” ujarnya.

ASAP Digital ini memiliki keunggulan monitoring real time CCTV 360 derajat dengan kemampuan jelajah 8 km yang menampilkan kualitas suhu, kelembapan udara dan data titik api update berkala 5 menit.

Baca Juga: Kaltim akan Inventarisasi Calon para Penerima Kalpataru

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya