Comscore Tracker

Dirlala: Pelabuhan Semayang Balikpapan Siap Terapkan New Normal

Arus kapal, barang, dan orang tetap berjalan saat pandemik

Balikpapan, IDN Times - Persiapan new normal atau tatanan kenormalan baru semakin dimatangkan termasuk mempersiapkan moda transportasi laut. Protokol kesehatan diterapkan untuk kapal, awak kapal, serta penumpang untuk mencegah penyebaran COVID-19. 

"Pemerintah melakukan pembatasan dan pemeriksaan perjalanan di angkutan laut sesuai PM No.25/2020 dan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Penggulangan COVID-19. Sesuai ketentuan, pembatasan itu berlaku sampai 7 Juni 2020 mendatang," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Wisnu Handoko saat melakukan sidak di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Jumat (29/5).

1. Pergerakan barang, manusia, dan kapal harus tetap berjalan

Dirlala: Pelabuhan Semayang Balikpapan Siap Terapkan New NormalDirektur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala), Ditjen Hubla Capt. Wisnu Handoko meninjau kesiapan Pelabuhan Semayang, Balikpapan untuk melaksanakan new normal (IDN Times/Hilmansyah)

Arus kehidupan ekonomi harus berjalan, mau tak mau masyarakat harus hidup bersama COVID-19. Menurut Wisnu, masih ada waktu seminggu sesuai aturan tersebut untuk mempersiapkan normal baru yang ditetapkan pemerintah. 

"Pergerakan barang, orang atau kapal dan angkutan lainnya harus tetap berjalan. Dan termasuk kepentingan pemerintah, seperti TNI, Polri, ASN dan lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Wali Kota Rizal: Siapkan New Normal, Balikpapan Berusaha Turunkan R0 

2. Ekonomi harus tetap berjalan meskipun di tengah pandemik

Dirlala: Pelabuhan Semayang Balikpapan Siap Terapkan New NormalDirektur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala), Ditjen Hubla Capt. Wisnu Handoko di Pelabuhan Semayang, Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Berbagai jenis usaha akan kembali dibuka, termasuk perusahaan pengeboran lepas pantau atau offshore yang ada di Kalimantan TimurBegitu juga dengan investasi diharapkan terus berjalan meskipun di tengah pandemik. Hal ini sesuai dengan harapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar masyarakat tetap produktif meskipun di tengah situasi pandemik COVID-19 yang belum dapat diprediksi kapan berakhir. 

Sementara itu, dalam persiapan pelaksanaan new normal juga dilakukan video conference, antara Dirlala dengan Kepala KSOP Balikpapan, Kepala Syahbandar, dan para Kepala Unit Pengelola Pelabuhan (UPP) di Kaltim dan Kaltara.

"Dari fakta di lapangan hasil sidak yang kita lakukan dan laporan pejabat terkait, Pelabuhan Semayang di Balikpapan ini sudah siap menerapkan new normal," katanya. 

3 Pelabuhan Semayang dinyatakan siap terapkan new normal

Dirlala: Pelabuhan Semayang Balikpapan Siap Terapkan New NormalPelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Kesiapan menuju new normal diantaranya penanganan pada waktu kapal akan datang, pemesanan tiket diatur maksimal hanya 50% saja. Selain itu juga dilaksanakan penerapan phyisical distancing, pengaturan mekanisme boarding, fasilitas cuci tangan bagi calon penumpang, disiapkan hand sanitizer, dan lainnya.

Selain itu ia mengatakan agar operator pelabuhan atau pelayaran harus menyiapkan diri sesuai tupoksi masing-masing. Juga memastikan sebelum melakukan pemesanan tiket penumpang harus sudah memiliki dokumen yang dibutuhkan yakni surat keterangan bebas COVID-19. 

"Sehingga dapat dipastikan, semua penumpang yang naik ke kapal dalam kondisi yang sehat,” tegas Wisnu.

Meskipun demikian, dalam kapal juga harus tersedia ruangan karantina dan tenaga medis, untuk mengantisipasi jika ada penumpang yang menunjukkan gejala COVID-19.

Baca Juga: Siapkan New Normal, Kapolresta Balikpapan Petakan Titik Pengawasan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya