Gelar Al-Qur'an yang Bergema di Langit Kota Balikpapan

Ratusan guru agama bersinergi dengan Pemkot Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat menggelar Gema Al-Qur'an di Masjid Mahditanul Iman Balikpapan Islamic Center. Kegiatan ini dilaksanakan dengan membaca sebanyak 1.000 kali kitab suci Al-Qur'an.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, pandemik COVID-19 merupakan ujian bagi semuanya, termasuk pembatasan berkumpul bagi semua. Tapi bulan Ramadan ini, pemerintah memberikan kelonggaran dengan boleh melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan. 

“Bahkan saat saya jadi wali kota tidak ada masjid yang ditutup, sekarang pemerintah sudah kasih kelonggaran berjemaah, tapi tidak ada juga yang datang berjemaah, ada ibadah yang ikhlas dan ada ibadah yang hanya sebatas mau dibilang,” ujarnya, Kamis (28/4/2022).

1. Baca sebanyak 1.000 kali kitab suci Al-Qur'an

Gelar Al-Qur'an yang Bergema di Langit Kota BalikpapanGoogle

Rahmad juga memberikan apresiasi kepada Kemenag Kota Balikpapan yang telah melaksanakan kegiatan gema Al-Qur'an di langit kota Balikpapan. Ia mengharapkan agar selalu meningkatkan nilai ibadah. 

“Dengan membaca dan mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak untuk mencintai Al-Qur'an dan gema Al-Qur'an yang kita bacakan 1.000 kali ini, diharapkan bukan hanya di bulan Ramadan tapi juga bisa dilakukan di bulan bulan yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga: Sopir Pikap Laka di Balikpapan, Meninggal Dunia di RS Samarinda

2. Ingatkan warga untuk bayar Zakat Fitrah

Gelar Al-Qur'an yang Bergema di Langit Kota BalikpapanLink Aja

Rahmad juga mengingatkan, jika nanti ada perbedaan penetapan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah tidak untuk dipermasalahkan. Artinya perbedaan itu biasa, tapi bagaimana cara menyikapinya.

“Saya juga mengingatkan, agar menunaikan Zakat Fitrah selama bulan Ramadan ini, sehingga melengkapi ibadah puasa yang kita jalani selama sebulan,” paparnya.

Seperti diketahui, pembayaran Zakat Fitrah dapat dilakukan posko sudah tersedia, masjid, maupun lewat pelayanan online. 

3. Ratusan guru agama siap bersinergi dengan Pemkot Balikpapan

Gelar Al-Qur'an yang Bergema di Langit Kota BalikpapanWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dalam gema Al-Qur'an di Langit Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Balikpapan Johan Marpaung berharap agar kegiatan ini menambah semangat untuk belajar Al-Qur'an. Bukan hanya dengan membacanya dengan baik, tapi juga belajar untuk memahaminya dan yang lebih penting untuk mengamalkan dalam kehidupaan sehari-hari.

“Kami di Kemenag jug siap bersinergi dengan Pemkot Balikpapan yang memiliki ikon kota Mahdinatul Iman, sejalan dengan itu maka program-program yang berkaitan dengan pembinaan keimanan menjadi tugas kita di Kemenag,” ujarnya.

“Tidak lupa juga kepada 540 guru agama juga siap bersinergi dengan Pemkot Balikpapan untuk membantu dalam bidang keagamaan di Kota Balikpapan."

Baca Juga: Sidak Lebaran di Balikpapan, dari Makanan Kedaluwarsa hingga Miras

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya