Hindari Pungli, Polda Kaltim Luncurkan Aplikasi Qris

Aplikasi untuk pengurusan SIM dan SKCK

Balikpapan, IDN Times - Ditlantas dan Ditintelkam Polda Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Bank Indonesia meluncurkan meluncurkan penggunaan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard atau Qris untuk pembayaran pengurusan surat izin mengemudi (SIM) dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). 

Peluncuran ini dilakukan Kapolda Kaltim Inspektur Jenderal Pol Imam Sugianto, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, dan Deputi Bank Indonesia Juda Agung. Prosesi dilakukan dengan cara menekan telapak tangan pada papan aplikasi menandai dimulainya penggunaan aplikasi Qris. 

Kegiatan ini juga dihadiri Dirlantas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Sonny Irawan, dan Kasatlantas se Kaltim. 

“Pembayaran non tunai ini salah satunya untuk menghindari pungli karena dilakukan tidak saling bertemu, dan sistem pembayaran ini pertama kali di lakukan di Indonesia, sehingga diharapkan bisa dicontoh oleh polda lainnya,” kata Imam usai meresmikan penggunaan Qris, Selasa (29/3/2022).

1. Penggunaannya akan dievaluasi untuk lokasi terpencil

Hindari Pungli, Polda Kaltim Luncurkan Aplikasi QrisPolda Kalimantan Timur meluncurkan aplikasi Qris untuk mengurangi pungli, Selasa (29/3/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Imam mengakui, penggunaan aplikasi ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan smart phone dan terdapat jaringan internet.  Sehingga untuk daerah terpencil atau remote area masih akan dilakukan evaluasi dan peningkatan layanan.

“Untuk daerah terpencil memang masih belum bisa diterapkan karena, aplikasi ini sangat tergantung dengan penggunaan smart phone dan ketersediaan jaringan internet,” paparnya.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Panggil Pemilik Truk yang Memodifikasi Dimensinya 

2. Dua layanan utama Polda Kaltim gunakan aplikasi Qris

Hindari Pungli, Polda Kaltim Luncurkan Aplikasi QrisPolda Kalimantan Timur meluncurkan aplikasi Qris untuk mengurangi pungli, Selasa (29/3/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Sonny menambahkan, metode pembayaran ini merupakan inovasi terbaru untuk dua layanan utama di kepolisian, yakni untuk pembayaran pengurusan SIM dan SKCK dilayani di kepolisian.

"Mekanismenya, masyarakat yang akan mengurus SIM maupun SKCK bisa menggunakan uang elektronik dengan aplikasi yang dikeluarkan Bank Indonesia," ujarnya.

3. Peluncuran Qris selaras dengan kenormalan baru

Hindari Pungli, Polda Kaltim Luncurkan Aplikasi QrisIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (Dok. ANTARA News)

Peluncuran aplikasi pembayaran QRIS ini, lanjut Sonny, juga selaras dengan kondisi masyarakat new normal selama masa pandemik COVID-19. 

Di mana, penggunaannya akan mengurangi kontak fisik antara pemohon dan petugas dalam melayani keperluan pengurusan SIM atau SKCK.

"Terpenting menjadi jawaban dari jajaran kepolisian untuk menghadapi tantangan di era serba digital sekarang ini," tutupnya.

Baca Juga: Polda Kaltim Cek Langsung Gudang Distributor Minyak Goreng

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya