Jelang Sahur, Dua Rumah di Balikpapan Malah Hangus Terbakar

Penyebab kebakaran belum diketahui

Balikpapan, IDN Times - Kebakaran hebat menghanguskan dua rumah semi permanen di kawasan padat penduduk di Gunung Empat Margo Mulyo Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (12/4/2022) pukul 12.30 Wita. Peristiwanya terjadi jelang umat Islam menunaikan sahur puasa Ramadan.  

“Informasi 65 kebakaran, A1 meluncur, jajaran segera ke TKP Gunung Empat,” ujar Relawan Info Bencana Balikpapan, Ruslan, Selasa (12/4/2022).

1. Menjelang warga akan melaksanakan sahur

Jelang Sahur, Dua Rumah di Balikpapan Malah Hangus TerbakarKebakaran dua rumah di Kelurahan Margo Mulyo Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (12/4/2022) pukul 12.30 Wita. Foto istimewa

Kejadian kebakaran diperkirakan sekitar pukul 12.30 Wita. Api terlihat melalap sebuah bangunan rumah semi permanen berbahan dasar kayu. Kebakaran berlangsung sangat cepat di mana kobarannya menyelimuti hampir seluruh bangunan. 

"Kami dapat informasi kurang lebih sekitar pukul 12.30 Wita, kemudian dua unit UPT Barat bergerak cepat tak butuh waktu lima menit sudah ada di TKP," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Izmir Novian Hakim.

Baca Juga: Tragis, Kebakaran Ruko di Balikpapan Ditemukan Tiga Korban Terpanggang

2. Pemadaman berlangsung selama 7 menit

Jelang Sahur, Dua Rumah di Balikpapan Malah Hangus TerbakarSekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Izmir Novian Hakim. Foto istimewa

Setelah mendapatkan informasi tersebut, lanjut Izmir, mobil pemadam kebakaran BPBD Kota Balikpapan meluncur ke lokasi kejadian. Petugas yang merespons cepat berada di Posko UPT yang lokasinya tidak jauh dari tempat kebakaran. 

Dalam kurun waktu 6 menit sudah di tempat kejadian perkara. 

“Langsung melakukan pemadaman, api kurang dari 7 menit berhasil dipadamkan, termasuk upaya tanggap daruratnya,” ujarnya.

Untuk pemadaman ini diterjunkan sebanyak 4 unit mobil PMK dari BPBD Kota Balikpapan.

3. Ada dua rumah yang terbakar

Dikatakannya, dalam kebakaran ini ada dua rumah yang terbakar yang dihuni 2 kepala keluarga dengan 7 jiwa.

“Satu rumah memang habis terbakar, sedangkan satu rumah lainnya yang terdampak karena posisinya yang berdempetan,” ungkapnya.

Dalam musibah ini, lanjutnya, tidak ada korban jiwa sedangkan untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui. Ia menyerahkan penanganan penyelidikan penyebab kebakaran pada kepolisian. 

“Untuk penyebabnya, biar teman-teman kepolisian yang melakukan penyelidikan,” tutupnya.

Baca Juga: Buntut Kebakaran Kilang Balikpapan, Polisi Periksa 8 Pekerja Pertamina

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya