Jokowi Serahkan BLT dan BSU untuk 200 Warga Balikpapan

Bantuan masyarakat terdampak kenaikan BBM

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyerahkan bantuan kemasyarakatan masing-masing sebesar Rp1,2 juta kepada 200 warga Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (25/10/2022). Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM dan bantuan subsidi upah (BSU) digelar di Kantor Pos Kota Balikpapan. 

"Alhamdulillah kami kembali menyerahkan bantuan subsidi upah dan bantuan langsung tunai. Bahkan di Indonesia BLT BBM sudah mencapai 99,07 persen tersalurkan hingga saat ini," kata presiden dalam sambutannya. 

Seremoni acara dilaksanakan Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. 

1. Bantuan untuk membantu ekonomi warga

Jokowi Serahkan BLT dan BSU untuk 200 Warga BalikpapanPresiden Joko "Jokowi" Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan subsidi upah (BSU) kepada 200 warga Balikpapan Kaltim, Selasa (25/10/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Jokowi mengatakan, penyaluran BLT dan BSU terus dilakukan guna membantu perekonomian masyarakat di seluruh daerah. BSU sendiri sudah tersalurkan hingga 72 persen diperuntukkan kelompok tenaga kerja yang gajinya di bawah upah minimum provinsi (UMP). 

Harapannya, bantuan pemerintah ini bisa membantu pemenuhan konsumsi masyarakat. 

"Semoga bermanfaat, kita akan kebut untuk menyelesaikan penyaluran bantuan ini. Sehingga, daya beli dan pertumbuhan ekonomi masyarakat terjaga," pesannya.

Baca Juga: AGM Ditempatkan di Ruang Isolasi Lapas Kelas IIA Balikpapan

2. Gubernur Kaltim merasa bangga dengan bantuan kepada warga

Jokowi Serahkan BLT dan BSU untuk 200 Warga BalikpapanPresiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan bantuan langsung tunai dan bantuan subsidi upah kepada warga Balikpapan Kaltim, Selasa (25/10/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kesempatan sama, Gubernur Isran Noor mengaku bangga Presiden Jokowi bersedia turun langsung membagikan BLT BBM dan BSU kepada masyarakat di Balikpapan. 

Seperti diketahui, Balikpapan nantinya diproyeksikan sebagai kota satelit Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Penajam Paser Utara (PPU)-Kutai Kartanegara (Kukar).

"Ini bantuan langsung dari Presiden Jokowi untuk warga IKN. Sebesar Rp1,2 juta per orang. Semoga, ini betul-betul bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

3. Penyerahan bantuan bagi 200 warga Balikpapan

Jokowi Serahkan BLT dan BSU untuk 200 Warga BalikpapanPresiden Joko "Jokowi" Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan subsidi upah (BSU) kepada 200 warga Balikpapan Kaltim, Selasa (25/10/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Bantuan kemasyarakatan tersebut diserahkan kepada 200 penerima. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Jokowi kepada beberapa warga penerima manfaat. Sisanya dilanjutkan kepada pihak panitia dari Kantor Pos Balikpapan. 

Kali ini, bantuan yang diserahkan di antaranya berupa PKH, BLT BBM, sembako, dan bantuan modal kerja. Turut hadir menyaksikan prosesi penyerahan bantuan, yakni Menteri Sosial, Menteri Tenaga Kerja, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Executive Vice President Pos Indonesia, dan Kepala Kantor Pos.

Baca Juga: Dinkes Balikpapan Terbitkan Surat Edaran tentang Kasus Gagal Ginjal 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya