Comscore Tracker

Kebakaran Gudang dan Bangsal di Balikpapan Barat, Warga Sekitar Panik

Kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk

Balikpapan, IDN Times – Musibah kebakaran kembali terjadi di kawasan permukiman padat penduduk di Kampung Baru Ujung di RT 16, Kelurahan Baru Ulu , Kecamatan Balikpapan Barat. Kebakaran menghanguskan sebuah gudang dan bangsal. Api dapat dikendalikan dengan cepat sehingga tak sampai merambat ke rumah warga. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

“Sebelum api berkobar, terlihat asap tebal mas dari salah satu bangunan yang berada di tepi laut, selanjutnya api langsung berkobar hebat,” ujar Aco warga setempat, Selasa (11/8/20).

1. Kebakaran membuat warga panik

Kebakaran Gudang dan Bangsal di Balikpapan Barat, Warga Sekitar PanikIDN Times / Hilmansyah

Kebakaran yang terjadi membuat warga sekitar panik, karena lokasi kebakaran tepat berada di tengah permukiman padat penduduk. Dari kasus kebakaran sebelumnya, kebakaran di Kampung Baru kerap menghanguskan banyak rumah warga warga.

“Kami panik mas, api berada di tengah-tengah permukiman dan biasanya kebakaran di Kampung Baru ini tidak sedikit permukiman warga yang terbakar, bisa mencapai ratusan,” tegas Aco.

Apalagi menurutnya, saat ini masih musim angin selatan dan bangunan rumah warga sebagian terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

Baca Juga: 12 Rumah Terbakar di Balikpapan, 25 KK Kehilangan Tempat Tinggal 

2. Satu gudang dan bangsal hangus terbakar

Kebakaran Gudang dan Bangsal di Balikpapan Barat, Warga Sekitar PanikKabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali (IDN Times / Hilmansyah)

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali mengatakan, saat menerima informasi kebakaran ini, sejumlah Pos Pemadam Kebakaran terdekat, diantaranya Kelurahan Baru Tengah dan Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Kota, Balikpapan Tengah, Balikpapan Utara, dan Balikpapan Selatan langsung bergerak cepat  untuk memadamkan api.

“Ada lebih dari 10 unit mobil PMK yang kita kerahkan, baik dari (Kecamatan) Balikpapan Barat, Kota, Tengah, Utara dan Selatan,” ujarnya.

Dalam musibah kebakaran ini, lanjut Usman, yang terbakar ada satu rumah berbentuk bangsal dan satu gudang kosong, terimbas pada sekitar 2-3 rumah.

“Namun tidak ada korban jiwa. Sebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan. Kurang lebih 40 menit sampai 1 jam sudah bisa kita kendalikan,” paparnya.

3. Pemkot Balikpapan akan berikan bantuan sewa rumah

Kebakaran Gudang dan Bangsal di Balikpapan Barat, Warga Sekitar PanikWakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud (Dok.IDN Times/Istimewa)

Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud yang datang dan menyaksikan langsung musibah kebakaran ini mengapresiasi tim BPBD, rescue dan relawan bencana serta masyarakat yang cepat merespon kejadian ini sehingga api cepat dipadamkan.

“Saat ini sebenarnya angin musim selatan, namun reaksi cepat semua elemen masyarakat membuat api berhasi cepat dipadamkan,” ujarnya.

Seperti pada bencana kebakaran yang lalu, Rahmad mengatakan, Pemkot Balikpapan akan memberikan bantuan bagi para korban. “Kita ada data dulu berapa kepala keluarga yang jadi korban, setelah itu kita akan berikan bantuan, termasuk sewa rumah,” tegasnya.

Rahmad menghimbau kepada masyarakat agar waspada dengan kondisi cuaca yang berubah-berubah. Agustus ini memasuki musim kemarau. Selain itu, ia meminta kepada warga yang tinggal di atas bukit tetap waspada pada bahaya tanah longsor.

Baca Juga: Korban Kebakaran di Balikpapan Mengungsi ke Aula Polsek Semayang

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya