Comscore Tracker

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah dan Korban Jiwa di Balikpapan

Kebakaran terjadi tengah malam di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Musibah bencana kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di Kelurahan Baru Ulu Gunung Bugis Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (5/6/2021) pukul 23.00 Wita. Kebakaran ini menghanguskan setidaknya 21 rumah penduduk di RT 2, 3, dan 4 Kelurahan Baru Ulu serta jatuhnya korban jiwa atas nama Haruna (55). 

Kondisi rumah yang terbuat dari kayu serta jarak yang padat membuat api berkobar dengan menghanguskan rumah penduduk. Mobil pemadam kebakaran pun kesulitan menjangkau pusat titik api karena terhalang rumah dan berkumpulnya massa. 

“Kebakaran ini menghanguskan sebanyak 21 rumah hangus terbakar, 10 rumah terdampak, 44 kepala keluarga dan 155 jiwa kehilangan tempat tinggal dan 1 orang meninggal dunia,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno, ditemui di lokasi kejadian. 

1. Seorang warga tewas dalam musibah kebakaran ini

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah dan Korban Jiwa di BalikpapanTim Inafis Polresta Balikpapan tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, dalam peristiwa ini, seorang warga ditemukan hangus terbakar. Korban sendiri merupakan warga setempat bernama Haruna yang memang dalam kondisi sakit. Diduga, korban tidak mampu menyelamatkan diri mengingat kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan. 

Petugas pemadam dan relawan bencana langsung mengevakuasi jasad korban ke rumah sakit.

Dan saat ini Tim Inafis Polresta Balikpapan tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran.

“Ya benar dalam musibah kebakaran ini ada seorang warga bernama Haruna (55) tewas terbakar, ini Inafis masih bekerja untuk menyelidiki penyebab kebakaran dan tewasnya korban,” kata Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol Totok Eko Darminto.

Baca Juga: Keluarga Mencari Tersangka Teror yang Dibekuk Densus di Balikpapan

2. Korban anak sekolah dalam pendataan

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah dan Korban Jiwa di BalikpapanWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud memberikan bantuan korban kebakaran. (IDN Times/Hilmansyah)

Kaitan soal kebakaran ini, Pemkot Balikpapan akan membantu meringankan penderitaan para korban kebakaran. Pemerintah daerah telah membuka posko darurat bencana dan tenda di halaman Masjid Al Ula Balikpapan Barat.

“Bantuan dari pemkot berupa makanan dan selimut mulai disalurkan. Dan kepada warga yang akan memberikan bantuan kami hanya membuka satu posko di halaman masjid ini saja,” tutur Suseno. 

Dikatakannya, saat ini petugas dibantu relawan sedang mendata korban kebakaran khususnya anak-anak usia sekolah. Para korban ini rencananya akan memperoleh bantuan peralatan dan pelajaran untuk sekolah.

3. Wali Kota Balikpapan janjikan bantuan sewa rumah

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah dan Korban Jiwa di BalikpapanPosko darurat bencana kebakaran di Kampu Baru Ulu Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud sudah meninjau posko bencana kebakaran didampingi Sekot Balikpapan Sayid MN Fadli, Asisten Satu Bidang Pemerintahan Saiful Bachri dan pejabat lainnya.
Dalam kesempatan itu Rahmad menyerahkan bantuan sembako dan selimut kepada perwakilan warga korban kebakaran.

Rahmad mengatakan, saat ini petugas juga masih mendata para korban yang nantinya akan memperoleh bantuan uang sewa rumah sementara. 

“Untuk korban ada yang mengungsi di sini tapi lebih banyak mengungsi ke rumah saudara. Kita juga akan berikan bantuan untuk sewa rumah bagi para korban kebakaran ini,” ujarnya.

Baca Juga: Tersangka Teroris di Balikpapan Terkait Kasus Bom Bunuh Diri Makassar 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya