Longsor Tambang Batu Bara di Kukar, Seorang Karyawan Tewas

Para pekerja tambang PT Kaltim Batu Manunggal 

Tenggarong, IDN Times - Musibah tanah longsor terjadi di area pertambangan batu bara PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) Desa Batuah Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (24/10/2021) pukul 02.00 Wita.

Peristiwa nahas ini membawa dua korban yang menjadi karyawan perusahaan. 

“Bencana yang menyebabkan dua orang karyawan menjadi korban,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta.

1. Dua korban pekerja tambang jadi korban

Longsor Tambang Batu Bara di Kukar, Seorang Karyawan TewasPencarian korban terjebak longsor di tambang batu bara Kutai Kartanegara. Foto istimewa

Dua korban tersebut adalah Kepala Teknik Tambang (KTT) Sugiharto (50) dan konsultan engineering Paiman (48) yang merupakan warga Kukar. Mereka berdua berada di dalam mobil yang terseret longsoran tanah kawasan tambang hingga tertimbun tanah di sekitarnya. 

“Saat kejadian keduanya yang berada di dalam mobil diduga terseret dan tertimbun tanah longsor hingga masuk ke dalam lubang tambang,” ujarnya.

Pihak Human Relations perusahaan pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas Kaltim. 

Baca Juga: Vino, Bocah Kutai Barat yang Diinginkan Gubernur hingga Mantan Menteri

2. Tim SAR langsung dikerahkan

Longsor Tambang Batu Bara di Kukar, Seorang Karyawan TewasPetugas Kantor SAR Medan membantu evakuasi mobil yang terlibat kecelakaan beruntung di jalur Tol Medan-Tebing Tinggi, Rabu (25/12) malam (Dok. SAR Medan)

Melkianus mengatakan, SAR memang menerima laporan bencana tersebut dari internal perusahaan. Tak menunggu lama, tim SAR langsung menindaklanjuti laporan dengan menuju ke tempat kejadian bencana. 

Tim SAR membutuhkan waktu dua jam perjalanan tempuh hingga tiba di tempat kejadian. Bersama dengan pihak perusahaan, mereka langsung berusaha mencari korban ini. 

3. Satu korban ditemukan, satu lagi masih dilakukan pencarian

Longsor Tambang Batu Bara di Kukar, Seorang Karyawan TewasKepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta.

Setelah melakukan pencarian beberapa jam, SAR, kepolisian, dan pihak perusahaan akhirnya berhasil menemukan salah seorang  dalam kondisi meninggal dunia. Korban yang dilaporkan meninggal di sini adalah Sugiarto. 

“Pada pukul 16.15 WITA, Tim SAR Gabungan menemukan korban Sugiharto dalam kondisi meninggal dunia mengapung di kolam tambang,” ujar Melkianus.

Korban ini lantas dibawa ke RS IA Moeis di Samarinda untuk menjalani visum penyebab kematiannya. Korban ini diduga berusaha keluar menyelamatkan diri dari dalam mobil. 

Setelah itu, tim SAR melanjutkan pencarian korban selanjutnya atas nama Paiman sebagai konsultan engineering. Ia diduga terjebak di dalam mobil yang masih tertimbun longsoran.

“Untuk korban Paiman masih dalam pencarian,” tutupnya.

Baca Juga: Pembinaan UMKM Pangan Lokal untuk Wilayah Kutai Kartanegara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya