Comscore Tracker

Menteri LHK dan Menteri Norwegia Tanam Bibit Mangrove di Sotek

Rangkaian pembahasan isu lingkungan di Balikpapan

Penajam, IDN Times - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbayah Bakar dan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Espen Barth Eide melakukan penanaman mangrove di Desa Sotek Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (11/9/2022). 

Turut hadir pula, Wamen KLHK Alue Dohong, Sekretaris BRGM Ayu Dewi Utari, dan Kedutaan Besar Norwegia untuk Indonesia. 

“Kedatangan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Espen Barth Eide dalam rangka kerja sama baru Indonesia dan Norwegia dalam bidang iklim, dan lingkungan.  Terutama reducing emissions from deforestation and forest degradation plus ( REDD+),” kata Siti Nurbayah. 

1. KLHK dan Kementerian Norwegia berada di Indonesia

Menteri LHK dan Menteri Norwegia Tanam Bibit Mangrove di SotekMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (IDN Times/Hilmansyah)

Siti Nurbayah mengatakan, KLHK dan Kementerian Norwegia akan berada di Indonesia dalam rangkaian kerja sama pada tanggal 13 September 2022 mendatang. Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan lokasi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) di Desa Sotek. 

“Di mana untuk rehabilitasi mangrove ini juga sebagai upaya untuk mengatasi degradasi yang terjadi,” ucapnya.

Pemilihan daerah untuk rehabilitasi ini mengacu pada pemetaan mangrove yang telah dilakukan oleh KLHK. Terdapat 7 desa di PPU yang termasuk dalam pemetaan tersebut dengan total 126 hektare.

Sedangkan area mangrove tertinggi yang ada di PPU berlokasi di Kelurahan Sotek dengan luas wilayah 65 hektare.

“Di Desa Sotek ini ditanam sebanyak 650 ribu bibit mangrove jenis rhizophora sp dengan melibatkan Kelompok Tani Hutan (KTH) Setia Kawan,” ujarnya.

BRGM sendiri akan melakukan tahun 2022 ini akan melakukan rehabilitasi hutan mangrove seluas 3.548 hektare. Di mana lokasinya ada 9 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Balikpapan Siapkan 5 Hektare Lahan Kebun Aren untuk Menyuplai IKN

2. BRGM akan rehabilitasi 3.548 hektare lahan di 9 provinsi di Indonesia

Menteri LHK dan Menteri Norwegia Tanam Bibit Mangrove di SotekMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbayah Bakar melakukan penanaman mangrove di Sotek PPU Kaltim, Minggu (11/9/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Espen Barth Eide akan ke Balikpapan untuk mendiskusikan mangrove government. Selain itu juga forest and land use serta net sink 2030.

Nurbayah menambahkan, untuk rehabilitasi kawasan mangrove yang pohonnya sehat dan ekosistem bagus. Untuk Teluk Balikpapan ini juga mendapatkan dukungan dari Jerman.

“Di sisi lain untuk Kaltim dan IKN, Word Bank juga ikut berperan serta,” tukasnya.

Untuk mangrove sendiri, katanya, apa yang dilakukan di Sotek ini juga harus ada peran pemerintah.  Di mana agar masyarakat memahami, pemerintah bantu mengatur sehingga masyarakat itu sendiri tidak kehilangan nilai ke ekonomi.

3. Menteri Norwegia berikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia

Menteri LHK dan Menteri Norwegia Tanam Bibit Mangrove di SotekMenteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Espen Barth Eide. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Espen Barth Eide mengatakan, arti penting hutan mangrove dalam membantu menyelesaikan persoalan krisis iklim. 

“Selain negara di dunia perlu beralih dari penggunaan energi fosil, menurutnya rehabilitasi lingkungan turut mendukung keberhasilan mengurangi dampak krisis iklim,” tegasnya.

Eide juga mengatakan, sangat mengapresiasi rehabilitasi lahan yang dilakukan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap lingkungan.

Baca Juga: Mulai Rusuh, Aksi Demo Mahasiswa Balikpapan Disemprot Water Cannon

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya