Para ASN Muslim di Balikpapan Diminta Baca AL Quran sebelum Kerja

Akan ada buku panduan penyelenggaran MTQ

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meminta para aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam untuk membiasakan membaca Al Quran sebelum bekerja.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud saat membuka rapat kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Balikpapan, di aula Rumjab Wali Kota Balikpapan, Kamis (16/6/2022).

“Kita budayakan membaca Al Quran bagi setiap pegawai muslim, bahkan sudah ada OPD yang melakukannya, dengan membaca Al Quran sebelum masuk jam kerja mulai pukul 07.30 wita sampai 08.00 wita dan ini bisa menjadi contoh buat yang lainnya,” ujarnya.

1. Kota Balikpapan jadi tuang rumah MTQ ke 44

Para ASN Muslim di Balikpapan Diminta Baca AL Quran sebelum KerjaWali Kota Samarinda Rahmad Mas'ud. (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad berharap, momentum raker ini bisa mewujudkan Kota Balikpapan sebagai Kota yang nyaman dihuni sejahtera dan modern dalam bingkai mahdinatul iman, termasuk berpedoman pada Al Quran. 

“Mudah-mudahan dalam raker LPTQ ini bisa menghasilkan sesuatu program-program yang baik,” ungkapnya.

Terlebih tahun depan Kota Balikpapan, katanya, ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ ke-44 tingkat Provinsi Kaltim. Untuk itu Pemkot Balikpapan berharap dan menaruh pekerjaan rumah kepada para pengurus LPTQ karena pada saat MTQ ke-43 di Samarinda beberapa waktu lalu, Kota Balikpapan masih berada di urutan kelima.

“Saya mohon kepada semua pihak kalau bisa kita sebagai tuan rumah MTQ ke-44 harus bisa menjadi juara umumnya. Kalau masalah anggaran kurang nanti diupayakan bisa dialokasikan di APBD perubahan 2022 atau di APBD Murni 2023,” ujarnya.

Baca Juga: Bawaslu Balikpapan Gelar Siaga Pengawasan Pemilu 2024

2. Raker untuk LPTQ lebih baik ke depannya

Para ASN Muslim di Balikpapan Diminta Baca AL Quran sebelum KerjaRapat kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Balikpapan, (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Koordinator Bidang Perhakiman LPTQ Provinsi Kaltim Sidik Amrillah memberikan apresiasi atas dilaksanakannya raker LPTQ Kota Balikpapan 2022-2023. Sekaligus tindak lanjut persiapan Kota Balikpapan sebagai tuan rumah MTQ ke-44 tingkat Provinsi Kaltim yang dilaksanakan pada 2023 mendatang.

“Raker ini sangat penting dan strategis karena hasil raker ini terkait langsung dengan kerja LPTQ Kaltim ke depannya yang lebih baik,” katanya.

Sidik menambahkan, agar para pihak terkait dapat bersinergi dengan baik dan amanah sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi Kaltim 2023. Visi misi LPTQ berperan sebagai penggerak dan pengamalan Al Quran dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mencintai Al Quran dan memfasilitasi sumber daya manusia yang handal dan berprestasi.

3. Akan ada buku panduan penyelenggaran MTQ

Para ASN Muslim di Balikpapan Diminta Baca AL Quran sebelum KerjaRapat kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Balikpapan, (IDN Times/Hilmansyah)

Hal ini disampaikan karena setiap penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Kaltim ke depannya akan memuat penilaian untuk skor keberhasilan sebagai pertanggungjawaban sebagai tuan rumah MTQ.

“Saya juga menegaskan akan pentingnya evaluasi dan perencanaan program kerja baik jangka pendek dan jangka panjang antara lain memastikan kesiapan penyelenggaraan MTQ,” akunya.

“Untuk itu dalam waktu dekat akan menyusun buku panduan penyelenggaraan MTQ terkait peraturan dan persyaratan panitia dan petugas yang bekerja di lapangan yang harus dipenuhi dalam kegiatan MTQ,” tutupnya.

Baca Juga: Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh Keluarga

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya