Comscore Tracker

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan

Akan memperoleh beasiswa kuliah di fakultas hukum

Balikpapan, IDN Times - Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan. Pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan beasiswa penuh ke perguruan tinggi fakultas hukum lewat Program Beasiswa Kaltim Tuntas. 

“Hari ini kita melaksanakan lomba pemilihan duta pelajar sadar hukum yang merupakan agenda ketiga di wilayah Kaltim dan ini sekarang kita berada di Kota Balikpapan,” kata Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Amiek Mulandari, Jumat (24/6/2022). 

1. Diikuti sebanyak 10 pasangan siswa

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di BalikpapanWakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Amiek Mulandari. (IDN Times/Hilmansyah)

Amiek menambahkan, kegiatan ini diikuti 10 pasang siswa-siswi setingkat SMA. Pemenang pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ini akan mewakili Balikpapan dalam ajang serupa di tingkat Provinsi Kaltim. Bersaing dengan pelajar dari daerah lain.

“Jadi kita memilih pelajar-pelajar dari tingkat SMA, MA, SLB kemudian kita saring mereka akan menjadi duta-duta pelajar sadar hukum yang kemudian kita saring lagi di tingkat provinsi untuk pemenang tingkat Provinsi Kaltim,” jelasnya.

Para pelajar, kata Amiek, akan diberikan kesempatan mempresentasikan karya masing-masing. Di mana nantinya dipilih yang terbaik sesuai tema sudah ditetapkan. Pemilihan juga dilaksanakan di kabupaten kota lain di Kaltim.

“Para peserta juga menayangkan aplikasi IT yang mereka buat dalam lomba ini,” ungkapnya.

Baca Juga: 356 Calon Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi Balikpapan

2. Para pelajar menjadi duta di masyarakat

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di BalikpapanPemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan, Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Amiek menyatakan, tujuan utama kegiatan tersebut menghasilkan para pelajar yang sadar hukum. Sehingga nantinya, mereka pun bisa menyosialisasikan sadar hukum di lingkungan masyarakat, rumah, lingkungan sekolah, maupun pergaulan. 

“Pasalnya, masyarakat yang sadar hukumnya sudah kuat, akan termotivasi untuk mengondisikan ketertiban dan kesadaran hukum yang lebih tinggi. Jadi etika mereka sadar untuk tidak melanggar hukum,” paparnya.

Apalagi dalam usia muda, tentunya para pelajar bisa menjadi panutan bagi lingkungan pergaulannya masing-masing. Terutama untuk wilayah kota dan kabupaten di Kaltim dan sekitarnya. 

3. Para pelajar Balikpapan yang terpilih

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di BalikpapanPemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan, Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala Disdikbud Provinsi Kaltim Anwar Sanusi menjanjikan hadiah menarik bagi pelajar yang menduduki peringkat 1, 2, dan 3. Para Duta Pelajar Sadar Hukum ini akan memperoleh beasiswa penuh kuliah di fakultas hukum. 

“Kalau anak-anak duta pelajar ini juara 1,2,3 asal mengambil hukum dia tidak usah seleksi otomatis dia langsung mendapat beasiswa,” ujarnya. Selain itu, katanya, ada usulan peserta kegiatan Duta Sadar Hukum dari keluarga tidak mampu diusahakan juga bisa mendapatkan beasiswa.

Di Balikpapan, pihak panitia memilih juara satu, Kevin Wijaya dan Adela Derian Loe dari SMAN 5 Balikpapan dengan karya “SI APIK, Sebagai Upaya Pemberantasan Berita HOAX di Kalangan Remaja".

Kemudian juara kedua, juga diraih siswa dari SMAN 5 Balikpapan atas nama Indra Khoirul Amin Setiawan dan Putri Anggraini dengan karya Ilmiah "Upaya Antisipasi Perundungan Melalui Si ADULL".

Dan juara ketiga siswa dari SMAN 1 Balikpapan, atas nama Joana Alya Varojahan Sinaga dan Fandy Novianto Herlambang dengan karya ilmiah "Bisgu Lingkungan, Sebuah Upaya Berbasis Digital Bermetode Self-learning dengan Tujuan Meningkatkan Kesadaran & Pemahaman Generasi Muda Mengenai Lingkungan Hidup".

Baca Juga: Gubernur Kaltim Antar Keberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya