Comscore Tracker

Pilkada Balikpapan, KPU Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS 

Simulasi serentak di seluruh Indonesia

Balikpapan, IDN Times - KPU Balikpapan menggelar simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Serentak Kota Balikpapan. Kegiatan simulasi dilakukan di Jalan Tengiri IV RT 24 Manggar Baru, Balikpapan Timur. Simulasi ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia dengan penerapan protokol COVID-19 dan penghitungan suara model Sirekap.

“Esensi pemilu itu ada di sini. Orang datang ke TPS dikasih surat suara, dibawa ke bilik suara mencolos, masukan ke kotak dan hitung,” ujar Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, Sabtu (21/11/2020) pagi di lokasi simulasi.

1. Penerapan protokol kesehatan COVID-19

Pilkada Balikpapan, KPU Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan Rizal Effedi, saat meninjau pelaksanaan simulasi pencoblosan di TPS pada Pilkada Serentak Balikpapan di TPS 36 Manggar, Sabtu 21 November 2020 (IDN Times /Hilmansyah)

Simulasi ini, kata Thoha, betul-betul menerapkan protokol kesehatan mengingat kerumunan tidak diperkenankan. Pihaknya siap dievaluasi untuk penerapan protocol kesehatan.

“Silakan dievaluasi teman-teman, mulai dari datangnya pemilih menunggu dipanggil masuk tenda pemilih, mendaftar, mendapat masker dan sarung tangan, diberikan surat suara, masuk bilik dan memasukan surat suara ke kotak suara, pemberian tinta dan pembuangan sarung tangan saat keluar tenda pemilih,” jelasnya.

Baca Juga: 5 SMP di Balikpapan Segera Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

2. Penghitungan suara menggunakan Sirekap

Pilkada Balikpapan, KPU Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS Warga pemilih memasukan surat suara pada kotak surat suara di TPS 36 Manggar saat simulasi pilkada (IDN Times/Hilmansyah)

KPU Balikpapan menggunakan penghitungan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap). Meskipun begitu, sirekap ini bukan alat penghitungan yang utama hanya sebagai cadangan.

"Sirekap tapi ini tidak menjadi indikator utama sebagai penghitungan tapi sebagai alat bantu,” jelas Thoha.

Thoha menjelaskan, simulasi ini menggunakan real data pemilih di TPS 36 RT 24 , Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur dengan 303 orang pemilih, dan surat suara yang digunakan juga surat suara simulasi dengan pasangan calon tunggal. 

Dalam simulasi ini penghitungan tidak dilakukan hingga selesai supaya tidak menjadi gambaran kecenderungan pemilih pada TPS tersebut.

3. Satgas COVID-19 evaluasi simulasi KPU

Pilkada Balikpapan, KPU Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS Wali Kota Balikpapan sekaligus Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi saat simulasi pencoblosan Pilkada Balikpapan, Sabtu 21 November 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Satgas COVID-19 Balikpapan Rizal Effendi mengapresiasi simulasi pencoblosan dan perhitungan yang dilakukan KPU Balikpapan telah berjalan dengan baik dan sesuai protokol kesehatan demi menghindari terjadinya klaster pilkada. 

“Tantangan tingkat partisipasi kalau ada yang takut datang tapi TPS umumnya sudah dilengkapi ada cuci tangan, ada thermogun, petugas sudah di-rapid," kata Rizal.

Ia menekankan agar para pemilih sebaiknya tidak membawa anak-anak saat melakukan pencoblosan di TPS.

Pada penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut pihak penyelenggara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan juga menyiapkan sarung tangan, serta bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37 derajat Celcius

Baca Juga: 454.999 Lembar Surat Suara Tiba di KPU Balikpapan 

Topic:

  • M.Hilmansyah
  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya