Comscore Tracker

Puslabfor Polri Olah TKP Kebakaran di Gunung Bugis Balikpapan

Tersangka BB masih di RSJ

Balikpapan, IDN Times - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Polda Jawa Timur (Jatim) terjun langsung ke dua lokasi kebakaran di Gunung Bugis Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Mereka melakukan olah tempat kejadian perkara guna memastikan penyebab kebakaran di perkampungan padat penduduk ini. 

“Tim Puslabfor yang turun ke TKP dua orang, pemeriksaan dilakukan di TKP kedua dan pertama, jadi kami tuntaskan semua di wilayah hukum Polsek Balikpapan Barat," kata Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto, ditemui disela-sela penyelidikan, Selasa (22/6/2021).

1. Penyelidikan dilakukan di TKP di rumah Rasyid

Puslabfor Polri Olah TKP Kebakaran di Gunung Bugis BalikpapanPuslabfor Polda Jatim di lokasi kebakaran Gunung Bugis Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Tim Puslabfor melakukan olah TKP  di rumah Rasyid yang diduga menjadi titik awal api hingga berkobar memakan 12 rumah lain di RT 38 dan RT 40 Gunung Bugis.

“Kami minta keterangan pemilik rumah di mana lokasi awal api terlihat,” ungkap Totok.

Sedangkan Polsek Balikpapan Barat masih memeriksa saksi-saksi yang dianggap mengetahui awal muka peristiwa kebakaran. 

“Kemarin ada 4 hingga 5 orang yang sudah kami periksa sebagai saksi dalam kasus kebakaran ini,” jelasnya.

Baca Juga: Sudah Divaksin, Panitia PPDB SDN 006 Balikpapan Positif COVID-19

2. Dalam penyelidikan ini sudah ditemukan barang bukti

Puslabfor Polri Olah TKP Kebakaran di Gunung Bugis BalikpapanKapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto meninjau lokasi kebakaran Gunung Bugis. (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam dua musibah kebakaran ini, Polsek Balikpapan Barat dan Inafis Polresta Balikpapan sudah mengamankan barang bukti abu dan arang diduga jadi titik awal api. 

“Tapi juga tidak menutup kemungkinan ada ada barang bukti lainnya yang akan diambil dalam penyelidikan lanjutan ini,” papar Totok.

Untuk hasil penyelidikan ini, Totok mengaku belum bisa memperkirakan kapan diketahui penyebab kebakaran ini. Semuanya tergantung penyelidikan Tim Labfor Mabes Polri Jatim.

3. Tersangka BB masih di RSJ Samarinda

Puslabfor Polri Olah TKP Kebakaran di Gunung Bugis BalikpapanKorban kebakaran mencari barang berharga di sisa-sisa puing bangunan milik mereka di Gunung Bugis Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, terkait kasus kebakaran 5 Juni 2021 yang menghanguskan 21 rumah dan 10 rumah diduga dilakukan seorang warga berinisial BB. Pelaku ini mengidap gangguan jiwa serta sudah menjalani perawatan di  Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Samarinda.

"Memang gangguan jiwa berat, jadi pelaku BB masih di rawat di RSJ," ungkapnya.

Polsek Balikpapan Barat, katanya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Balikpapan untuk pembiayaan BB selama masa perawatan.

“Keluarga pelaku BB ini termasuk orang yang kurang mampu, jadi untuk perawatan kita berkoordinasi dengan Dinas Sosial," tutupnya.

Baca Juga: Kebakaran Hebat Terjadi Lagi di Gunung Bugis Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya