Comscore Tracker

Relawan RMC Sumbangkan Susu dan Masker untuk Tenaga Medis di RSKD

Ajak warga berperan aktif melawan virus corona

Balikpapan, IDNTimes - Usai meluncurkan program Gotong Royong Lawan Corona” dengan slogan “Berat sama Dipikul, Ringan sama Dijinjing ”oleh Rahmad Mas’ud Center (RMC), relawan RMC bergerak memberikan bantuan untuk tenaga medis di RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo (RSKD).

Achmad Thoyyib, relawan RMC mengatakan, “Ini bagian dari sikap kita bersama untuk bersama-sama bahu membahu gotong royong dengan potensi yang kita miliki," jelasnya saat menyerahkan bantuan pada Selasa siang (24/3).

1. Bantuan susu dan masker N95

Relawan RMC Sumbangkan Susu dan Masker untuk Tenaga Medis di RSKDRMC menyumbangkan masker dan susu untuk tenaga medis (IDN Times/Hilmansyah)

Thoyyib menjelaskan, RMC menyumbangkan 300 kaleng susu dan dua kotak masker N95.
Bantuan diterima petugas medis RSKD untuk digunakan para pejuang medis di rumah sakit milik pemerintah Provinsi Kaltim ini.

Thoyyib mengatakan bantuan ini diberikan sebagai bentuk gerakan gotong royong yang sudah diluncurkan oleh RMC dalam upaya bersama mencegah dan menangani penyebaran virus corona.

"Siapa saja mari kita berikan dukungan moral, support materi atau apa saja seperti kita diam di rumah juga sudah membantu tim medis yang berjuang melakukan penyembuhan kepada para pasien,” jelasnya.

Baca Juga: Sempat Kabur, PDP Virus Corona  dari Samboja Diamankan di Balikpapan

2. Ajak warga untuk bersama-sama berpartisipasi hadapi pandemi virus corona

Relawan RMC Sumbangkan Susu dan Masker untuk Tenaga Medis di RSKDPetugas medis RSKD menerima sumbangan masker dari RMC (IDN Times/Hilmansyah)

Menurutunya melawan dan menghadapi pandemi virus corona ini bukan hanya tugas pemerintah dan petugas medis tapi semua harus turun tangan, dari hal kecil hingga hal yang besar bisa dilakukan jika dilakukan bersama-sama.

“Ini cobaan bagi bangsa ini sejauh mana solidaritas ini bersama-sama kita gotong royong menyelesaikan persoalan besar ini. Kunci bukan di tangan tim medis dan kebijakan pemerintah saja tapi di tangan kita untuk taat pada aturan kebijakan pemerintah kalau bisa mari kita ulurkan tangan bagi yang punya kemampuan,” turutnya.

Thoyyib yang juga Bendahara KNPI dan Ketua AMPI Balikpapan mengajak kepada seluruh stakeholder Kota Minyak melakukan hal sama.

Trigger kecil ini kita harapkan menjadi besar kalau kita mau sama-sama melakukan hal sama. Dokter, tenaga medis, perawat dan korban perlu perhatian dari kita. Bentuk bisa macam-macam. Kita berharap langkah ini bisa diikuti oleh yang lain termasuk dari para pemuda di Balikpapan,” imbuhnya.

Sementara, Humas RSKD dr. Dian menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh RMC.

“Bantuan ini akan kami langsung salurkan kepada petugas medis yang menangani pasien virus corona,” tutur Dian.

3. Warga bisa berperan memerangi virus corona sesuai kemampuan dan keahliannya

Relawan RMC Sumbangkan Susu dan Masker untuk Tenaga Medis di RSKDBerbagai sumber/artwork by. IDN Times

Thoyyib mengatakan, peran aktif lain, bisa dengan melakukan banyak hal sesuai bidang, sesuai minat atau sesuai kemampuan masyarakat. Bagi yang punya kelebihan rezeki, bisa memberi sumbangan untuk memberikan alat kesehatan atau lainnya,

Sementara bagi warga yang punya keahlian atau minat bikin konten kreatif, bisa membuat atau memproduksi konten berupa imbauan-imbauan dalam menghadapi virus corona.

Juga bagi para pemuka agama bisa membuat majelis online dan seruan agar umat mematuhi kebijakan pemerintah.

“Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan, untuk bersama-sama mengatasi situasi saat ini, menghentikan penyebaran virus corona. Salah satunya, bagi masyarakat ya, udah di rumah aja,” tukasnya.

 

Baca Juga: Relawan RMC Cetuskan Gerakan Gotong Royong Lawan Corona di Kaltim

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya