Ribuan Liter Minyak Goreng Digelontorkan di Balikpapan dan Samarinda 

Ada 4 titik lokasi operasi pasar

Balikpapan, IDN Times - Pemkot Balikpapan bersama Apical Group PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menggelar operasi pasar minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional Kalimantan Timur (Kaltim). Operasi pasar diberikan guna mengatasi kelangkaan minyak goreng di Balikpapan dan Samarinda.

Salah satunya operasi pasar di Pasar Sepinggan Balikpapan yang ditinjau langsung oleh Kapolda Kaltim Inspektur Jenderal Pol Imam Sugianto untuk memastikan pendistribusian yang menjadi program Pemerintah ini lancar.

“Alhamdulillah, ini sudah dibuat mekanisme yang bagus pedagang dikasih kupon dengan waktu yang sudah ditentukan, sehingga tidak terjadi antrean panjang serta stok pedagang tersedia,” kata Imam Sugianto, Rabu (23/3/2022).

1. Balikpapan dan Samarinda jadi prioritas

Ribuan Liter Minyak Goreng Digelontorkan di Balikpapan dan Samarinda Polda Kaltim memantau langsung operasi pasar minyak goreng di Pasar Sepinggan Balikpapan, Kamis (24/3/2022). (IDN Times/Hilmansyaha)

Imam mengatakan, prioritas operasi pasar sementara ini difokuskan dua kota terbesar di Kaltim, yakni Balikpapan dan Samarinda. Nantinya secara bertahap akan digelar di kota/kabupaten seperti Kutai Kartanegara, Paser, dan lainnya. 

“Sementara ini Balikpapoan dan Samarinda yang jadi prioritas, setelah itu ke Kutai Kartanegara, kemudian ke Grogot. Di Grogot Kapolrestanya menyatakan, sudah agak kekurangan, tapi belum langka,” paparnya.

Ia memastikan distribusi minyak goreng ke pedagang berjalan lancar, di mana semua pedagang akan mendapatkan kuota masing-masing. Operasi pasar kali ini mendistribusikan sebanyak 7.400 liter minyak goreng untuk Pasar Sepinggan Balikpapan. 

“Kita menjamin, memastikan distribusi yang menjadi kebijakan pemerintah ini lancar, kemudian seluruh tempat penyaluran itu terbagi rata,” tegasnya.

Baca Juga: Pusing Jadi Pengangguran, Pemuda Balikpapan Bobol Batu Granit Musala

2. Ada 4 titik lokasi operasi pasar

Ribuan Liter Minyak Goreng Digelontorkan di Balikpapan dan Samarinda Polda Kaltim memantau langsung operasi pasar minyak goreng di Pasar Sepinggan Balikpapan, Kamis (24/3/2022). (IDN Times/Hilmansyaha)

Kapolda Kaltim memastikan, dengan operasi pasar tersebut, ketersediaan atau stok minyak goreng di Kota Balikpapan aman. Di mana ada empat titik lokasi operasi pasar minyak goreng curah di Kota Balikpapan.

“Sementara ada empat, di sini ada empat UPTD, pasarnya yang penting itu di sini dan di Teritip. Kalau di Klandasan itu cukup,” sebutnya.

Minyak goreng curah tersebut berasal dari Apical Grup pabrik Kutai Refrenery Nusantara (KRN) di Kariangau Balikpapan Barat.

“Kalau ngedropnya cepat kemungkinan akan bisa kembali lagi untuk mengedrop kembali,” ungkapnya

3. Pasar Sepinggan diberikan kepada 45 pedagang

Ribuan Liter Minyak Goreng Digelontorkan di Balikpapan dan Samarinda Polda Kaltim memantau langsung operasi pasar minyak goreng di Pasar Sepinggan Balikpapan, Kamis (24/3/2022). (IDN Times/Hilmansyaha)

Sementara itu, Kepala Cabang PT RNI Balikpapan Agus Parjo menyebutkan, sebanyak 7,4 ton minyak curah didistribusikan kepada pedagang di Pasar Sepinggan Balikpapan.

“Kami distribusikan kepada pedagang Pasar Sepinggan sekitar 7 ribu liter sisanya untuk susutnya baik di tangki maupun penimbangannya,” ujarnya.

Agus menerangkan, Pedagang Pasar Sepinggan yang mendapatkan alokasi minyak goreng curah sebanyak 45 pedagang. Saat ini, kebutuhan pasar cukup tinggi dari total kebutuhan yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) pasar mencapai 32 ton tetapi yang baru didistribusikan sekitar 14 ton.

“Jadi masih ada 18 ton yang nanti akan kami distribusikan di sini,” paparnya.

Program pendistribusian PT RNI dengan PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) akan digelar hingga 31 Mei 2022 di mana proses selanjutnya menunggu regulasi baru.

“Apakah nanti ada regulasi baru atau apakah tidak ada,” paparnya.

Sebagai informasi, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan nomor 11 tahun 2022 harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah sebesar Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kilogram.

Baca Juga: Kota Balikpapan Sudah Gunakan Vaksin Covovax untuk Masyarakat

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya