Ribuan Pelajar di Balikpapan Mulai Dilakukan Vaksinasi COVID-19

Kerahkan 27 Puskesmas se Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Ribuan pelajar di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mulai menerima suntikan vaksinasi COVID-19. Dinas Kesehatan Kota Balikpapan melakukan vaksinasi massal terhadap 3.149 siswa-siswi SMP dan SMA setempat. 

“Vaksin yang digunakan jenis Sinovac karena untuk usia 12 tahun lebih cocok jadi diarahkan untuk anak sekolah yang SMP,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Kamis (26/8/2021).

1. Vaksinasi bagi pelajar tersendiri

Ribuan Pelajar di Balikpapan Mulai Dilakukan Vaksinasi COVID-19Penyuntikan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Andi yang akrab disapa Dio melanjutkan, pemberian vaksin khusus pelajar dilakukan dengan menggunakan strategi tersendiri dan tidak dicampur dengan pemberian vaksin dengan masyarakat umum.

“Untuk pelajar kita khusus mendatangi sekolah-sekolah, agar lebih terfokus dan sekaligus, kami ingin melakukan pemeriksaan kesehatan anak sekolah,” tegasnya.

Jadi petugas kesehatan dan tim vaksinator, kata Dio langsung mendatangi sekolah-sekolah menjadi tujuan vaksinasi. 

Baca Juga: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan Berlanjut Tembus Bontang

2. Kerahkan 27 puskesmas se Balikpapan

Ribuan Pelajar di Balikpapan Mulai Dilakukan Vaksinasi COVID-19Penyuntikan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Dikatakannya, dalam pemberian vaksin ini, DKK Kota Balikpapan mengerahkan sebanyak 27 puskesmas yang ada di masing-masing kelurahan di Balikpapan. Dan puskesmas-puskesmas ini langsung bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di lingkungan masing-masing. 

“Target kita ada 68.176 orang sasaran pelajar usia 12-17 tahun , di mana saat ini sudah ada sebanyak  5,5 persen atau 3.766 pelajar yang sudah menerima dosis pertama. Sementara dosis kedua baru 2.492 atau 3,7 persen,” jelasnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua pekan secara terus menerus, katanya, harapannya pada bulan September 2021 mendatang pemberian vaksin kepada pelajar ini selesai dilaksanakan.

3. Pemberian vaksin warga umum juga terus dilakukan

Ribuan Pelajar di Balikpapan Mulai Dilakukan Vaksinasi COVID-19Pemberian vaksinasi masyarakat umum di DOME Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, pemberian vaksinasi di Gedung BSCC Dome Balikpapan juga masih terus dilakukan. Dan vaksinasi di lokasi ini menggunakan Vaksin Moderna diperuntukkan bagi 2.500 orang dengan nomor urut pendaftaran 7.001-9.500.

“Jika ada yang tidak ingin divaksin Moderna maka vaksinasinya tertunda. Menunda berarti kesempatan untuk menambah imunitas tubuh juga tertunda, padahal wabah masih berlangsung. Karena itu kami sampaikan bahwa vaksin terbaik saat ini vaksin yang ada,” ujarnya.

Dio menambahkan bahwa Vaksin Moderna memiliki efikasi (khasiat) tinggi. Sudah seminggu ini juga para tenaga kesehatan mendapatkan suntikan Vaksin Moderna sebagai vaksinasi penguat.

“Alhamdulillah, semua baik-baik saja,” tutupnya.

Baca Juga: Optimis, Balikpapan Target Setengah Warganya Sudah Divaksin Akhir 2021

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya