Comscore Tracker

Rilis Paket BTS Meal McDonald's Sebabkan Kerumunan di Balikpapan

Satgas COVID-19 langsung turun tangan

Balikpapan, IDN Times - Gerai Mc Donald di Balikpapan diserbu ojek online (ojol) setelah merilis paket menu BTS Meal. Kerumunan terjadi salah satunya di gerai McDonald's MT Haryono, Kelurahan Damai Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Manager McDonald's MT Haryono, Humonggio Yovan mengatakan, pihaknya telah mendapatkan 2.000 paket BTS Meal yang langsung dikirim dari Jakarta. "Kita dijatah kebetulan waktu dijatah awal itu ada 2.000, dijatah dari Jakarta. Nanti 2.000 itu masih liat perkembangannya," ujarnya, Rabu (9/6/2021).

1. Paket BTS Meal hanya untuk pemesanan delivery

Rilis Paket  BTS Meal McDonald's Sebabkan Kerumunan di BalikpapanMenu BTS Meal (Twitter.com/@muhammad_fadlys)

Paket tersebut hanya disajikan untuk drive thru, take away atau delivery, dengan harapan agar pembeli tetap taat protokol kesehatan sehingga tidak makan di tempat.

“Ternyata membludak," jelas Yovan.

Yovan mengatakan, gerai yang mulai buka pukul 11.00 Wita langsung diserbu lebih dari 200 pengemudi ojol yang mengantri untuk paket tersebut. 

"Bahkan sebelumnya sudah banyak orderan masuk pas baru buka," ujarnya.

Baca Juga: Narkotika Jenis Baru Sasar Pelajar dan Mahasiswa di Balikpapan

2. Satgas COVID-19 langsung turun tangan menangani kerumunan

Rilis Paket  BTS Meal McDonald's Sebabkan Kerumunan di BalikpapanSatgas Penangulangan COVID-19 Kelurahan Damai Baru dan Kecamantan Balikpapan Selatan langsung mengamankan situasi kerumunan ojol di gerai McDonald's MT Haryono Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kerumunan yang terjadi di gerai McDonald's, membuat Tim Satgas Penangangan COVID- 19 kelurahan bersama dengan Satpol PP terjun langsung untuk penertiban dan memberikan teguran karena tidak melakukan koordinasi sebelumnya.

"Kegiatan tersebut sebenarnya saya anggap baik karena sistemnya sesuai dengan apa yang dicanangkan Satgas Kota Balikpapan yakni sistem delivery atau take away, namun hanya pengaturannya saja yang harus diperbaiki," ujar Andi Arif Hidayatullah, Lurah Damai Baru.

Selanjutnya Arif mengatakan, kerumunan ini terjadi karena minimnya koordinasi antara pihak manajemen dan Tim Satgas COVID-19 kelurahan.

"Seandainya dilakukan pembatasan saya rasa tidak akan terjadi hal-hal seperti ini," paparnya.

3. Terapkan pendekatan dengan pola persuasif dan edukatif

Rilis Paket  BTS Meal McDonald's Sebabkan Kerumunan di BalikpapanGerai Mc Donald di Balikpapan diserbu ojek online (ojol) setelah merilis paket menu McD BTS Meal (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, pihak kepolisian juga turun tangan mengatasi kerumunan, Satgas COVID-19 Balikpapan Selatan dari perwakilan Kepolisian, Iptu Hatono mengatakan, kedatangannya kepolisian sebagai wujud aktualisasi program presisi dari Kapolri.

“Polri berusaha melayani masyarakat dengan cepat, termasuk salah satu program unggulan 110 untuk kecepatan informasi dari masyarakat," ujarnya.

Kerumunan yang terjadi merupakan pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Pihak kepolisian langsung memberikan imbauan kepada para pengemudi ojol dengan lebih mengedepankan pola-pola persuasif maupun edukatif.

“Tapi kalo kita imbau saja rasanya tidak cukup, sehingga kami harus sedikit memberikan reaksi supaya teman-teman dari ojol bisa paham," katanya.

Kerumunan pembelian paket BTS Meal tak hanya terjadi di Balikpapan tetapi juga sejumlah kota lainnya. Bahkan, 32 gerai McDonald's di Jakarta sampai ditutup sementara. Menu makanan yang berkolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan BTS ini begitu diminati oleh oleh Army (fans BTS).

Menu tersebut menyajikan sembilan potong chicken McNuggets, french fries, minuman soda dan dilengkapi dengan saus sweet chilli dan saus cajun. Saos ini kabarnya jadi favorit para member Bangtan Sonyeondan (BTS). Paket BTS meal dijual seharga Rp50 ribu.

Baca Juga: Ribuan Lansia dan Pra Lansia Balikpapan Dapat Vaksinasi COVID-19

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya