Comscore Tracker

Rumah Warga di Prapatan Balikpapan Diterjang Air dan Lumpur 

Penyumbatan saluran drainase di kompleks Pertamina

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 5 rumah warga di RT 36 Kelurahan Prapatan Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) diterjang longsor air bercampur lumpur dan minyak. Longsoran ini berasal dari kompleks Perumahan Pertamina yang berada di atas bukit dan berbatasan langsung dengan pemukiman warga.

“Iya pagi tadi, pas mau turun kerja, suaranya kayak air terjun langsung deras tiba-tiba sekitar pukul 08.05 Wita. Ini yang parah selama satu tinggal setahun di sini sudah dua kali,” kata warga setempat, Jasbar (26), Senin (8/22/2021).

Air bercampur lumpur, sempat masuk hingga ke teras rumahnya. Beruntung dia sempat antisipasi menutup pagar rumah sehingga tidak banyak air dan lumpur yang masuk.

“Kalau tidak saya tutup cepat mungkin masuk ke dalam,” jelasnya.

1. Sebanyak 5 rumah terdampak longsor air dan lumpur

Rumah Warga di Prapatan Balikpapan Diterjang Air dan Lumpur Longsoran lumpur dan air menerjang rumah warga di Prapatan Balikpapan Kaltim, Senin (8/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Ketua RT 35 Prapatan Taryono mengatakan, musibah longsor air dan lumpur serta bau minyak ini menimpa 5 rumah warga dengan 6 kepala keluarga.

“Ketinggian air dan lumpur ini setidaknya ada 30 centimeter, dan sebagian besar masuk ke dalam rumah warga,” ujarnya.

Kejadiannya begitu cepat sehingga warga tidak ada yang menduga akan terjadi musibah tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Baca Juga: BBM Naik, Wali Kota Balikpapan Setuju Kenaikan Tarif Angkot

2. Penyumbatan saluran drainase di kompleks Perumahan Pertamina

Rumah Warga di Prapatan Balikpapan Diterjang Air dan Lumpur Longsoran lumpur dan air menerjang rumah warga di Prapatan Balikpapan Kaltim, Senin (8/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno mengatakan, pihaknya bersama dengan Pertamina sudah mengecek ke lokasi di atas tebing yang merupakan sumber air tersebut. Ditemukan adanya penyumbatan saluran drainase.

“Saluran drainasenya tersumbat jadi air keluar meluber hingga membawa material lumpur,” ujarnya.

Saat ini untuk saluran drainase sudah dibersihkan oleh pihak Pertamina dan mereka janji juga akan membantu proses pembersihan sedimen tanah yang ada di saluran drainase di bawah akibat tertutup lumpur.

“Pembersihan saluran air dilakukan agar aliran air lancar, gak ada lagi yang meluber ke bawah,” jelasnya.

3 Kesehatan warga akan dilakukan pemeriksaan

Rumah Warga di Prapatan Balikpapan Diterjang Air dan Lumpur Longsoran lumpur dan air menerjang rumah warga di Prapatan Balikpapan Kaltim, Senin (8/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Lurah Prapatan Reza Dipa Pradeka menambahkan, terkait adanya bau minyak yang bersamaan dengan lumpur dipastikan tidak ada pipa-pipa Pertamina di lokasi tersebut, bisa saja itu dari endapan endapan lumpur yang terbawa arus air saat hujan.

“Tidak ada pipa bocor, karena di kawasan tersebut memang tidak ada pipa Pertamina dan bukan jalurnya,” ujarnya.

Adapun warga memang belum semuanya memiliki IMB, hanya sebagian yang sudah punya terutama bangunan bangunan lama yang sudah ada puluhan tahun.

Kelurahan juga akan segera berkoordinasi dengan Puskesmas Prapatan untuk membantu mengecek kesehatan warga, hal ini untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan warga yang terkena lumpur.

4 Pertamina terjunkan tim

Rumah Warga di Prapatan Balikpapan Diterjang Air dan Lumpur Ilustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Di sisi lain, pihak Pertamina langsung menerjunkan tim untuk menelusuri bau minyak tersebut. Termasuk kemungkinan adanya gas berbahaya dari patahan pipa. Namun sejauh ini belum ditemukan.

Area Manager Communication, Relation dan CSR Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Perangin Angin mengatakan, pemukiman warga hanya bersebelahan dengan perumahan Pertamina.

“Kalau bau minyak kan di sini tidak ada fasilitas produksi kita. Ini bisa kita pastikan. Bukan berbatasan dengan produksi, tidak ada minyak. Karena kompleks perumahan,” ujarnya.

Sementara terkait penanganannya, Pertamina terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sebagai penanggulangan awal. Sedangkan  ke depannya masih akan dibicarakan lebih lanjut.

“Kita saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanganan. Sementara dari sisi Pertamina, kita akan kordinasi lebih lanjut lagi,” tutupnya.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan dan BPJS Kesehatan Sepakat tentang JKN Kelas 3

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya