Sembunyi di Hutan, Tersangka Tak Mengaku Sengaja Bakar Isterinya 

Aksi diduga karena suami kesal istri sering marah-marah

Balikpapan, IDN Times - Kasus suami bakar istrinya sendiri hingga mengalami luka bakar mencapai sekitar 70 persen menghebohkan Balikpapan. Tersangka pelaku Machrizal Pahlevi (42) sempat melarikan diri setelah membakar istrinya sendiri Eviana Ros (30) di kawasan Pasar Sore, Jalan Manunggal, Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan pada Kamis (12/3) sekitar pukul 16.00 Wita.

Tersangka yang diduga membakar istrinya di dalam truk ini berhasil dibekuk dibekuk Tim Gabungan Polda Kaltim, Polresta Balikpapan dan Polsek Balikpapan Selatan. Ia diamankan polisi saat bersembunyi di tumpukan ban truk di dekat TKP.

“Tersangka kami bekuk saat bersembunyi di dalam ban truk di semak belukar di kawasan Sungai Nangka tak jauh dari lokasi kejadian pada Jumat sore sekira pukul 17.00 Wita,” ujar Kapolresta  Balikpapan Kombes Pol Turmudi saat rilis bersama awak media di Mako Polresta Balikpapan, Jumat (13/3).

 

1. Terlacak melalui nomor handphone

Sembunyi di Hutan, Tersangka Tak Mengaku Sengaja Bakar Isterinya Tersangka pelaku pembakaran istri di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Turmudi menjelaskan, setelah melakukan lidik terhadap tersangka,  keberadaan tersangka diketahui dari nomor handphone-nya.

“Tersangka berhasil terlacak dari HP yang digunakannya,” ujar Turmudi.

Ia juga menerangkan jika motif pelaku nekat melakukan aksi kejamnya ini lantaran istri pelaku sering marah-marah terkait persoalan rumah tangga sehingga dirinya terpancing emosi.

"Dari pengakuan sementara tersangka , istrinya seringkali marah-marah persoalan rumah tangga, sehingga membuat pelaku naik pitam dan nekat melakukan aksinya pada Kamis sore," ujar Turmudi.

Baca Juga: Begini Kondisi Istri yang Dibakar Suaminya di Balikpapan

2. Sebelum beraksi tersangka siapkan sebotol bensin. Namun, tersangka tidak mengaku dengan sengaja membakar istrinya

Sembunyi di Hutan, Tersangka Tak Mengaku Sengaja Bakar Isterinya Tersangka mengakui tidak berniat membakar istrinya (IDN Times/Hilmansyah)

Sebelum terjadi peristiwa pembakaran istri, ternyata tersangka sudah membawa sebotol BBM jenis premium di dalam mobil truk tempat sang istri diduga dibakar.

"Truk yang digunakan bermesin disel, tapi tersangka membawa bensin di dalam botol air mineral. Nah untuk persoalan ini, kita akan dalam lagi, “terang Turmudi.

Namun tersangka tidak mengakui telah sengaja membakar istrinya. Ia mengatakan, “Saya tidak ada niat membakar istri saya. Bensin di dalam botol mineral, saya gunakan untuk memancing agar mesin disel saya bisa menyala karena truk saya sering mati mesin, sehingga botol bensin itu selalu saya bawa. Namun percikan bensin dan api saat itu, mengenai istri saya sehingga sempat membakarnya,” ujar tersangka Machrizal Pahlevi berkilah.

3. Tersangka bersembunyi di hutan karena takut diamuk massa

Sembunyi di Hutan, Tersangka Tak Mengaku Sengaja Bakar Isterinya Kapolresta Balikpapan menjenguk korban di RSKD (IDN Times/Hilmansyah)

Tersangka dengan korban adalah suami istri dengan status nikah siri dan belum memiliki buah hati. Mereka tinggal di rumah kos di Jalan Marsma Iswahyudi RT 07 Kelurahan Sungai Nangka, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Saat istrinya terbakar di truk, tersangka memutuskan untuk melarikan diri ke kawasan hutan yang berada di dekat lokasi kejadian karena takut diamuk massa.

"Saya melarikan diri karena takut dipukuli warga, saya sebenarnya berniat sembunyi di rumah paman di Lamaru tapi tidak berhasil. Sehingga saya memilih sembunyi di hutan-hutan," paparnya.

Tersangka berhasil diamankan, dan akan dikenakan pasal 351 ayat 2 KUHP tentang penganiayaan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara, karena status pelaku dan korban bukan pasangan suami istri yang sah.

Artikel ini ditulis oleh Kontributor IDN Times Kaltim M. Hilmansyah

Baca Juga: Suami Bakar Istri dalam Truk di Balikpapan, Luka Bakar 70 Persen

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya