Serbuan Vaksin Sasar 500 Pekerja dan Pengunjung Mal di Balikpapan

Vaksinasi berpacu dengan penyebaran COVID-19

Balikpapan, IDN Times - Polesta Balikpapan dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar vaksinasi massal melalui Gerai Vaksinasi Presisi yang di laksanakan di Mal e-Walk Balikpapan Super Blok.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan program serbuan vaksinasi nasional yang menargetkan satu juta vaksinasi per hari,” kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolfh Nahak usai meninajau kegiatan vaksinasi, Rabu (30/6/2021).

Kegiatan ini pun dihadiri  Wakapolda Kapolda Brigjen Pol Hariyanto, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, dan Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty.

1. Vaksinasi akan dilakukan setiap hari

Serbuan Vaksin Sasar 500 Pekerja dan Pengunjung Mal di BalikpapanVaksinasi pengunjung mal di Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Herry menyatakan, vaksinasi ini memang menyasar para pengunjung serta karyawan mal e-Walk Balikpapan Super Blok. Dalam sehari ini ditargetkan vaksinasi bagi 500 orang

“Kegiatan vaksinasi ini, akan dilakukan setiap hari dan dengan tempat yang berbeda-beda sesuai dengan sasarannya, hari ini di mal dan besok (Kamis, 1/7/2021) akan dilakukan di BSCC Dome Balikpapan,” paparnya.

Pemberian vaksinasi ini, diakuinya, tidak bisa dilakukan dalam skala besar karena sangat tergantung dengan jumlah vaksin yang diberikan pemerintah pusat. Di samping itu, tenaga kesehatannya pun terbatas dan tetap menjaga kesehatan agar terus prima.

Baca Juga: SMAN 1 Balikpapan Terbakar, Wagub Kaltim Tinjau Langsung ke TKP

2. Vaksinasi berpacu dengan penyebaran COVID-19

Serbuan Vaksin Sasar 500 Pekerja dan Pengunjung Mal di BalikpapanKapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolfh Nahak meninjau lokasi vaksinasi di mal Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, proses vaksinasi di mal ini diberikan dalam dua tahap. Pagi hari, vaksinasi menyasar pada karyawan di mana siangnya dilanjutkan para pengunjung mal.

Pemberian vaksinasi ini, menurut Andi guna membangun kekebalan kelompok menangkal penyebaran pandemik COVID-19. Pemkot Balikpapan berpacu dengan waktu mengingat tingkat penyebaran warga terpapar virus terus meningkat dalam dua pekan terakhir. 

3. Berharap kebutuhan vaksin bisa cepat diberikan pusat

Serbuan Vaksin Sasar 500 Pekerja dan Pengunjung Mal di BalikpapanKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty. (IDN Times/Hilmansyah)

Sehubungan itu, Dio sapaan akrabnya berharap, pemerintah pusat segera mengirimkan vaksin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Balikpapan. Kesuksesan vaksinasi tergantung proses distribusi dari pemerintah pusat.

"Kami tentu sangat berharap ketersediaan vaksin juga masih terpenuhi dari pusat, sehingga antusiasme warga saat ini yang ingin divaksin sejalan dengan program pemerintah untuk mempercepat vaksinasi," ujarnya.

Selain di mal, beberapa tempat seperti RSUD Beriman melayani vaksinasi program Kill COVID, kemudian di 27 puskesmas juga melaksanakan vaksinasi kedua untuk pelayanan publik dan para lansia.

"TNI/Pori juga masih melaksanakan vaksinasi seperti RS Auri dan RS Tentara," tutupnya.

Baca Juga: Ternyata Banyak Orang Depresi karena Pandemik COVID-19 di Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya