Tabrakan Karambol Terjadi di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan

Hilang konsentrasi selama berkendara

Balikpapan, IDN Times - Tabrakan karambol terjadi di Jalan Syarifuddin Yoes Sepinggan Baru Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (2/11/2021) pukul 08.30 Wita. Kecelakaan beruntun tersebut melibatkan empat kendaraan roda empat, di antaranya mobil Suzuki XL7 KT-1363-YE, Toyota Rush KT-1195-ZZ, Ford Fiesta KT-1721-ZU dan Toyota Innova KT-1658-PD. 

Seluruh kendaraan mengalami kerusakan yang parah.

“Dari arah berlawanan mobil Suzuki XL7 dengan kecepatan tinggi menyalip mobil di depannya, hingga masuk ke bagian jalan sebelah kanan dan menghantam mobil saya Toyota Rush di bagian kanan, Jadi mobil saya yang kena duluan,” kata salah seorang pengendara kendaraan, Arman.

1. Mobil masih menghantam mobil lain

Tabrakan Karambol Terjadi di Jalan Syarifuddin Yoes BalikpapanTabrakan karambol di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (2/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Tetapi setelah menabrak mobil pertama, lanjut Arman, mobil Suzuki XL7 tersebut masih melaju serta menghantam mobil Ford Fiesta yang tepat berada di belakangnya. Tabrakan terjadi sangat keras hingga ban mobil Suzuki XL7 menaiki badan mobil Ford Fiesta. 

“Hingga bagian depannya ringsek, bahkan ban mobil penabrak sempat naik ke atas mobil tersebut hingga kacanya pecah,” jelasnya.

Apakah sudah selesai? Ternyata tidak, mobil Suzuki XL7 masih menabrak dengan kencang bumper depan mobil Toyota Innova di belakang mobil Ford Fiesta. Mobil ini ringsek tepat di bagian depan.  

“Beruntung dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, saya tadi bersama anak saya yang masih TK, hendak mengantar ke sekolah, dari arah Sepinggan hendak ke arah BSCC Dome,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Tak Mampu di Balikpapan Peroleh Layanan BPJS Kesehatan Gratis 

2. Pengemudi kurang konsentrasi

Tabrakan Karambol Terjadi di Jalan Syarifuddin Yoes BalikpapanTabrakan karambol di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (2/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, pihak Polresta Balikpapan sudah menangani peristiwa tabrakan beruntun di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan ini. Kasat Lantas Ajun Komisaris Polisi Retno mengatakan, tabrakan beruntun tersebut disebabkan kelalaian pengemudi dalam berkendara.

Dari hasil pemeriksaan, ia menduga pengemudi mobil Suzuki XL7 kurang konsentrasi saat menyalip kendaraan di depannya.

Apalagi di saat itu, kondisi cuaca Kota Balikpapan memang sedang tak bersahabat. Hujan yang turun semalaman membuat jalanan menjadi licin membuat pengemudi kesulitan dalam mengontrol laju kendaraan.  

“Tadi sudah ada diselidiki, cuma kurang konsentrasi. Kan jalanan licin karena habis hujan, jadi akibatnya kurang konsentrasi dan kendaraan terlalu melipir. Berhenti mendadak dan terjadilah laka lantas beruntun tadi,” ujarnya.

3. Tidak ada tersangka, namun surat kendaraan ditahan

Tabrakan Karambol Terjadi di Jalan Syarifuddin Yoes BalikpapanTabrakan karambol di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (2/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kasus ini, katanya, tidak ada yang ditetapkan sebagai tersangka. Kasus tersebut juga diselesaikan secara kekeluargaan.

Sementara kerusakan yang terjadi akan diganti dengan asuransi.

“Tapi tadi sama-sama ingin menyelesaikan secara kekeluargaan. Pelaku, dia bertanggung jawab atas kerusakan kendaraan yang terlibat tadi,” ujarnya.

Sehubungan itu, polisi tidak menahan kendaraan terlibat dalam tabrakan karambol di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan. Tetapi seluruh surat-surat kendaraan masih ditahan. 

“Dan tadi yang terlibat kecelakaan ada empat kendaraan," jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas tersebut, tetapi kerugian materi bisa mencapai ratusan juta rupiah. 

Baca Juga: Aktivitas THM Mulai Berjalan di Balikpapan, Malah Terjadi Tawuran

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya