Comscore Tracker

Vaksinasi Serentak 16 Ribu Warga Kaltim, Presiden Minta Dua Kali Lipat

Vaksinasi COVID-19 dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75

Balikpapan, IDNTimes - Polda Kaltim bersama dengan Kodam VI Mulawarwan, Pemprov Kaltim dan pemerintah kabupaten dan kota di Kaltim melaksanakan vaksinasi bagi 16 ribu warga. Kegiatan vaksinasi massal ini merupakan rangkaian kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri, sehari satu juta orang serentak di 34 wilayah Polda dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-75.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyapa Kapolda, Pangdam, Sekda Provinsi, Wali Kota Balikpapan, serta Forkopimda Balikpapan saat zoom meeting kegiatan Serbuan Vaksinasi nasional TNI-Polri di BSSC Dome, pada Sabtu (26/6/2021).

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolph Nahak berdialog singkat dengan Presiden Jokowi yang menanyakan kesiapan vaksin dan jumlah peserta vaksin. ” Berapa target Vaksinasi hari wilayah Kaltim? tanya Jokowi.

Herry pun menyebutkan ada 14 ribu namun masyarakat yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 sekitar 16 ribu.

1. Presiden minta vaksinasi dua kali lipat

Vaksinasi Serentak 16 Ribu Warga Kaltim, Presiden Minta Dua Kali LipatKegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional di Balikpapan pada 26 Juni 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam dialog daring tersebut, Presiden Jokowi bertanya apakah sanggup untuk melaksanakan vaksinasi dua kali lipat. Kapolda Kaltim pun menjawab, “Sanggup, sanggup dua kali lipat, ”ujar Herry.

Setelah dialog, kepada media Herry juga menyampaikan pihaknya melihat antusiasme masyarakat yang ikut mendaftar diri untuk vaksinasi sangat tinggi. ” Cuma tergantung pada ketersediaan vaksin. Kita siap dua bahkan tiga kali lipat dari jumlah sekarang, ” jelasnya.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Balikpapan Siap Kontribusi Program 1 Juta Vaksin 

2. Vaksinasi bekerja sama dengan Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/Kota

Vaksinasi Serentak 16 Ribu Warga Kaltim, Presiden Minta Dua Kali LipatKegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional dalam rangka HUT Bhayangkara di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Herry menyebutkan target dari Mabes Polri untuk peserta vaksinasi di Kaltim ada sebanyaknya 14.140 orang, dengan tambahan dari Dinkes provinsi dan kabupaten kota sehingga jumlah peserta vaksinasi sebanyak 16 ribu.

Dalam vaksinasi ini, pihaknya bekerja sama dengan Pemprov Kaltim dan 10 pemerintah kabupaten kota termasuk Kodam bersama jajarannya di lokasi vaksinasi yang sudah disiapkan.

” Mereka yang divaksin sudah terdaftar, hari ini sudah ada sekitar 9.000 yang masuk daftar dan akan terus bertambah,” tuturnya.

Dikatakannya, mudah-mudahan sesuai arahan presiden tadi kedepan dapat memberikan vaksinasi dua kali lipat dari jumlah yang ada sekarang.

“Hari ini, 16 ribu orang kami harapan bisa selesai divaksinasi hingga pukul 16.00 sore,” paparnya.

3. Sasaran vaksinasi seluruh warga Kaltim

Vaksinasi Serentak 16 Ribu Warga Kaltim, Presiden Minta Dua Kali LipatKegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional di Balikpapan, 26 Juni 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Herry mengatakan, dalam pemberian vaksinasi ini untuk sasarannya sebenarnya adalah seluruh warga Kaltim. Namun untuk di Balikpapan, Polda Kaltim bekerja sama dengan Dinas Kominfo yang telah memiliki bank data peserta vaksinasi. Mereka yang sudah terdaftar yang menjadi proritas pemberian vaksinasi COVID-19.

“Untuk tempat pemberian vaksin dilakukan di semua di kabupaten-kota mulai rumah sakit, klinik, puskesmas dan tempat-tempat yang dibuat untuk pemberian vaksin,” tutupnya

Baca Juga: 250 Anak Positif Terinfeksi COVID-19 di Balikpapan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya