30 PPK Balikpapan Diberikan Waktu 3 Hari Membentuk Sekretariat

PPK bertugas membantu persiapan Pilkada Balikpapan 2020

Balikpapan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan melantik 30 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menjadi petugas pelaksanaan persiapan Pilkada Balikpapan 2020.

“30 PPK ini akan membantu persiapan pelaksanaan pilkada di tingkat kecamatan,” kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha ketika diwawancarai wartawan di Hotel Royal Suite Balikpapan, Sabtu (29/2).

1. PPK diberikan waktu tiga hari membuat kesekretariatan

30 PPK Balikpapan Diberikan Waktu 3 Hari Membentuk SekretariatKetua KPU Balikpapan Noor Thoha (IDN Times/Haikal)

Menurut Thoha, 30 PPK yang dilantik tersebut akan ditempatkan di enam kecamatan yang ada di Balikpapan, masing-masing kecamatan akan ditempatkan lima anggota PPK. Lebih lanjut dijelaskannya, 30 petugas PPK yang dilantik tersebut merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan KPU Balikpapan, terhadap 94 pendaftar yang sudah menjalani tes secara tertulis dan wawancara.

Untuk tahap pertama, petugas PPK yang baru dilantik akan diminta untuk membentuk kesekretariatan di tiap-tiap wilayah kerja masing-masing sebagai persiapan untuk melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pelaksanaan pilkada di tingkat kecamatan.

“Kami berikan waktu sekitar 3 hari kepada PPK yang baru saja dilantik untuk membentuk sekretariat yang terdiri dari sekretaris, bendahara dan tenaga teknis yang diambil dari petugas kecamatan masing-masing sebagai persiapan untuk melaksanakan tahapan Pilkada,” terangnya.

2. Tak ada bakal calon dari jalur independen, tahapan verifikasi faktual dihapus

30 PPK Balikpapan Diberikan Waktu 3 Hari Membentuk SekretariatIDN Times/Haikal

Dia menerangkan, karena sudah diputuskan tidak ada calon dari jalur perseorangan di Pilkada Balikpapan 2020, pihaknya menghapus tahapan verifikasi faktual terhadap bukti dukungan jalur perseorangan.

“Seharusnya tugas pertama mereka adalah mempersiapkan tahapan verifikasi faktual untuk jalur perseorangan, karena tidak ada calon dari jalur perseorangan jadinya dihapus,” terangnya. 

3. Seleksi PPS diserahkan ke PPK

30 PPK Balikpapan Diberikan Waktu 3 Hari Membentuk SekretariatIDN Times/Haikal

Setelah membentuk kesekretariatan, KPU Balikpapan juga memberikan kepada petugas PPK untuk menangani proses seleksi terhadap Panitia Pemungutan Suara  (PPS) yang akan dimulai pada awal Maret ini. Hal ini berbeda dengan proses pelaksanaan seleksi PPS yang telah dilaksanakan pada Pilkada 2015 lalu, yang proses seleksinya ditangani langsung oleh KPU Balikpapan.

“Di pilkada ini, kita serahkan proses seleksi kepada PPK, hal ini bertujuan untuk memberikan kesan rasa patuh kepada PPK, seperti untuk seleksi wawancara nanti yang melaksanakan adalah PPK, sehingga dapat maksimal dalam menjalankan tugas di pilkada," pungkasnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya