Dukung Haul Guru Sekumpul, Pertamina Tambah Pasokan LPG di Kalsel

Jutaan jamaah diperkirakan hadir

Balikpapan, IDN Times - Haul Guru Sekumpul yang digelar untuk mengenang wafatnya salah satu ulama besar di Kalimantan Selatan, KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani mencapai puncaknya pada hari ini, Minggu (1/3) di Martapura, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kilogram pada  perayaan sakral Haul Guru Sekumpul, Pertamina Kalimantan menambah pasokan untuk dua wilayah di Kalimantan Selatan.

Region Manager Communication Relation & CSR Kalimantan Roberth Marchelino mengatakan, untuk mendukung kegiatan tahunan  yang terpusat di Martapura, Kalimantan Selatan yaitu Haul Guru Sekumpul, pihaknya telah menambah stok kebutuhan LPG 3 kilogram.

"Kita ikut andil dalam mendukung kegiatan  Haul Guru Sekumpul, dengan melakukan penambahan kebutuhan LPG 3 kilogram," kata Roberth dalam rilisnya, Sabtu (29/2).

1. Kebutuhan LPG 3 kilogram ditambah 38 ribu tabung

Dukung Haul Guru Sekumpul, Pertamina Tambah Pasokan LPG di KalselWarga Kaltim berbondong-bondong mengikuti Haul Guru Sekumpul di Martapura, Kalimantan Selatan (Dok.IDN Times/Kaltim)

Haul Guru Sekumpul, ulama Karismatik yang wafat pada 10 Agustus 2005  tersebut dihadiri jutaan jemaah dari berbagai penjuru Nusantara, bahkan mancanegara.

Pertamina Kalimantan mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, dengan melakukan peningkatan jumlah stok LPG 3 kilogram di dua wilayah yang akan menjadi pusat kegiatan tersebut, yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin, dan Kota Banjarbaru sejumlah 38.080 tabung atau 4% dari alokasi regular yaitu 957.040 tabung/bulan.

 “Kami lakukan penambahan fakultatif sejak tanggal 21 Februari  lalu agar masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa khawatir kebutuhan LPG tidak terpenuhi.” jelasnya.

Baca Juga: Jemaah Haul Guru Sekumpul Padati Pelabuhan Feri Kariangau Balikpapan

2. Gelar operasi pasar di enam titik

Dukung Haul Guru Sekumpul, Pertamina Tambah Pasokan LPG di KalselIlustrasi tabung gas (LPG) 3 kilogram subsidi Pertamina. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dalam realisasi penyaluran fakultatif ini, terdapat 9 agen di Kabupaten Banjar melakukan penambahan fakultatif sejumlah 22.960 tabung atau 7% dari total alokasi regular yaitu 329.840 tabung/bulan untuk disebarkan ke 82 pangkalan.

Sedangkan untuk wilayah Kota Banjarmasin, melalui 11 agen dilakukan penambahan fakultatif sejumlah 8.960 tabung atau 2% dari total alokasi regular 473.200 tabung/bulan dan disebarkan ke 32 pangkalan.

Empat agen di Kota Banjarbaru juga melakukan penambahan fakultatif sebanyak 6.160 tabung atau 4% dari total alokasi regular 154.000 tabung/bulan, untuk disebarkan ke 22 pangkalan. 

“Selain penambahan fakultatif, kami juga melaksanakan operasi pasar di 6 (enam) titik sejak (18/2) dengan menyediakan total 2.800 tabung LPG 3 Kg. Warga diperbolehkan untuk membeli LPG 3 Kg maksimal 2 tabung dengan menukarkan LPG 3 Kg bersamaan menunjukkan KTP.” terangnya.

Operasi pasar dilakukan di kantor Kelurahan Sekumpul, Pembakal Indrasari, Kelurahan Tanjung Rema, Keraton, Kelurahan Jawa, dan Sei Paring. 

3. Suplai Bright Gas juga ditambah

Dukung Haul Guru Sekumpul, Pertamina Tambah Pasokan LPG di KalselDok. Pertamina

Sejak hari Sabtu, 29 Februari 2020 lalu,  Pertamina juga telah menambah suplai Bright Gas sejumlah 120 tabung ke beberapa dapur umum  untuk mendukung kegiatan memasak menjelang puncak perayaan. 

“Semoga acara dapat berjalan dengan lancar dan kami juga tidak pernah berhenti mengimbau kepada masyarakat mampu untuk dapat beralih ke LPG Bright Gas dengan berbagai varian dari 220 gram hingga 12 kg. Selain itu, kami juga mengajak masyarakat untuk turut aktif dalam peningkatan pelayanan kami, terutama dalam pendistribusian BBM dan LPG dengan cara melaporkan temuan di lapangan terkait kendala tersebut ke call center kami di 135.” Tutup Roberth.

Baca Juga: Hadapi Arus Balik Haul Guru Sekumpul, Ini yang Dilakukan Satlantas PPU

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya