Pilkada Balikpapan, Hindari Corona Petugas PPDP Maksimal Usia 50 Tahun

Tidak boleh memiliki riwayat penyakit bawaan

Balikpapan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melakukan perekrutan calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada 1-15 Juli 2020 ini. Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, pada proses rekrutmen PPDP Pilkada Balikpapan 2020, pihaknya mewajibkan seluruh calon petugas PPDP agar membuat surat pernyataan tidak memiliki penyakit bawaan seperti jantung, diabetes, asma dan penyakit dalam lainnya.

"Kita ketahui bahwa sebagian besar kasus meninggal dalam penyebaran COVID-19 itu korbannya adalah warga yang memang memiliki penyakit bawaan atau komorbid," kata Noor Thoha di Kantor Kelurahan Damai Bahagia, Rabu (1/7).

1. PPDP maksimal berusia 50 tahun

Pilkada Balikpapan, Hindari Corona Petugas PPDP Maksimal Usia 50 TahunKetua KPU Balikpapan Noor Thoha (IDN Times / Haikal)

PPDP menurut Thoha akan banyak berinteraksi ke rumah warga sehingga sangat rentan terkena virus corona. Lebih potensial terinfeksi jika petugas tersebut berusia lebih dari 50 tahun dan memiliki penyakit bawaan. Oleh karena itu pihaknya membuat batasan umur kepada calon PPDP yakni usia 20 sampai 50 tahun.

"Kita jaga agar petugas kita ini, agar tidak menjadi korban selanjutnya dalam ancaman penyebaran virus corona, karena  petugas yang dilibatkan ini akan diturunkan ke masyarakat untuk berinteraksi sehingga lebih berpotensi untuk terpapar virus Corona. Dan tidak menutup kemungkinan yang bersangkutan bisa lalai dalam menjalankan tugas meskipun kita sudah menekankan masalah protokol kesehatan," urainya.

Baca Juga: Balikpapan Akan Relaksasi Awal Juli, Warga Boleh Gelar Hajatan

2. Harus terampil menggunakan komputer

Pilkada Balikpapan, Hindari Corona Petugas PPDP Maksimal Usia 50 Tahununsplash.com/Nick Morrison

Selain itu, setiap calon PPDP juga wajib terampil menggunakan komputer sebagai pendukung dalam menjalankan tugas melakukan pemutakhiran data pemilih.

"Kami tegaskan kepada sejumlah RT ada di kota Balikpapan bahwa syarat ini mutlak tidak boleh dilanggar," tegasnya.

Ia menerangkan dalam pelaksanaan Pilkada Balikpapan 2020, jumlah petugas PPDP yang akan direkrut mencapai sekitar 1.500 orang, menyesuaikan jumlah TPS.

3. Pihak RT siapkan kader pengganti

Pilkada Balikpapan, Hindari Corona Petugas PPDP Maksimal Usia 50 TahunPilkada Serentak (Dok. IDN Times/KPU RI)

Untuk mengatasi minimnya jumlah pendaftar calon PPDP akibat bertambahnya syarat dalam proses rekrutmen, Arifin, PPK Korwil Damai Bahagia mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan sejumlah ketua RT terkait penambahan syarat tersebut. 

"Di Kelurahan Damai Bahagia itu tidak masalah karena sebagian RT sudah memahami kondisi pandemik COVID-19, dan mereka sudah menunjuk  kader-kader yang lain kalau ketua RT-nya tidak memenuhi syarat," terangnya.

Baca Juga: Anggaran Pilkada Balikpapan Membengkak, Perlu Rp16 Miliar untuk APD 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya