Siapkan New Normal, Kapolresta Balikpapan Petakan Titik Pengawasan

#NormalBaru Petugas akan ditempatkan di pusat keramaian

Balikpapan, IDN Times - Skenario new normal atau kenormalan baru masih direncanakan oleh pemerintah pusat. Namun, berbagai daerah telah mengambil langkah untuk mempersiapkan penerapan normal baru tersebut di berbagai bidang kehidupan.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi mengatakan pihaknya hingga saat ini masih menunggu konsep dari Pemerintah Kota Balikpapan terkait skema rencana pelaksanaan kebijakan new normal di Kota Balikpapan.

“Kita untuk new normal ini, masih menunggu konsep dari wali kota, kemarin kita juga ada vicon (video conference) dengan Mabes Polri, kami sudah dapat arahan terkait pelaksanaan new normal ini,” kata Turmudi di Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis (28/5).

1. TNI/Polri siap mengamankan new normal di Balikpapan

Siapkan New Normal, Kapolresta Balikpapan Petakan Titik PengawasanMasjid Madinatul Iman Balikpapan (IDN Times/ Mela Hapsari)

Menurutnya, pada dasarnya pihaknya sudah siap untuk mendukung pemerintah kota untuk melaksanakan kebijakan new normal di Kota Balikpapan. Serta untuk melakukan pengawasan terhadap penerapan prosedur kesehatan masyarakat dalam menghadapi wabah COVID-19.

Ia menjelaskan sejumlah personel yang diturunkan akan ditempatkan di sejumlah titik yang menjadi pusat berkumpul seperti seperti pusat perbelanjaan dan fasilitas-fasilitas perekonomian, termasuk tempat wisata dan rumah ibadah.

“Kita sudah memetakan tempat-tempat yang nantinya perlu untuk dilakukan pengawasan dan sosialisasi secara ketat khususnya dalam melaksanakan protokol kesehatan COVID-19. Contohnya seperti pusat perbelanjaan dan fasilitas-fasilitas perekonomian yang menjadi pusat berkumpulnya banyak orang termasuk tempat wisata dan tempat ibadah kalau nanti dibuka,” terangnya.

Baca Juga: Wali Kota Mengkaji Pendatang Masuk Balikpapan Wajib Tes Swab PCR

2. Melibatkan petugas hingga tingkat kelurahan

Siapkan New Normal, Kapolresta Balikpapan Petakan Titik PengawasanPenutupan jalan di Balikpapan dijaga oleh petugas (IDN Times/Istimewa)

Dalam melaksanakan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan pihaknya akan melibatkan sejumlah pihaknya diantaranya TNI, Satpol PP termasuk juga Bhabinkamtibmas  di tingkat kelurahan untuk melakukan imbauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan prosedur kesehatan di lingkungannya.

“Nanti kita akan bagi tugas anggota sampai ke tingkat bawah, sampai ke tingkat Bhabinkamtibmas untuk melakukan imbauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan prosedur kesehatan,” terangnya.

3. Sejumlah protokol kesehatan untuk mendukung new normal sudah dilaksanakan

Siapkan New Normal, Kapolresta Balikpapan Petakan Titik PengawasanKapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi (IDN Times/Mela Hapsari)

Ia menjelaskan pada dasarnya, sejumlah kebijakan untuk mendukung pelaksanaan new normal ini, sudah diberlakukan sejak jauh hari diantaranya imbauan untuk selalu menggunakan masker dan  mencuci tangan usai beraktivitas.

“Saya kira tidak ada masalah ketika new normal ini diberlakukan, karena yang kita harus jaga adalah pelaksanaan protokol kesehatan seperti di tempat ibadah mereka harus menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan harus rajin disemprot disinfektan,” ujarnya.

Baca Juga: Wali Kota Rizal: Siapkan New Normal, Balikpapan Berusaha Turunkan R0 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya