Wali Kota Rizal Minta Warga Balikpapan Menunda Resepsi Pernikahan

Sebagai upaya mengurangi penyebaran virus corona

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengimbau warga agar menunda dulu kegiatan yang dihadiri banyak orang, termasuk pesta atau resepsi pernikahan. Alasannya tak lain mengantisipasi penyebaran virus corona, sebab pesta identik dengan keramaian. Dan pandemik yang bernama COVID-19 ini paling cepat menyebar lewat kontak langsung dengan orang lain.

"Kalau bisa kurangi dulu kerumunan orang," kata Rizal kepada wartawan pada Kamis (19/3) malam di Balai Kota Balikpapan.

1. Jika tak bisa ditunda, maka undangan dibatasi 10 orang

Wali Kota Rizal Minta Warga Balikpapan Menunda Resepsi PernikahanUnsplash.com/Sharrdayyy Photography

Meski demikian, bagi warga Balikpapan yang sudah terlanjur mempersiapkan acara pernikahan, maka pemkot tetap memperbolehkan pelaksanaannya, asalkan jumlah undangan pesta dikurangi.

"Kalau sudah terlanjur melakukan persiapan, kalau bisa undangannya dibatasi maksimal 10 orang lah," ujarnya.

2. Satu warga Balikpapan positif virus corona, statusnya naik menjadi KLB

Wali Kota Rizal Minta Warga Balikpapan Menunda Resepsi PernikahanUnsplash/Ibrahim Boran

Sebagai informasi, status Balikpapan saat ini masuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) di Balikpapan karena virus corona. Status itu ditetapkan semenjak satu warga Kota Minyak--sebutan lain Balikpapan--dinyatakan positif terjangkit virus corona pada Kamis, 19 Maret 2020 setelah mengikuti kegiatan seminar bisnis syariah antiriba di Bogor pada 25-28 Februari 2020 lalu.

Pasien positif asal Balikpapan terungkap berdasarkan pengembangan dari pasien positif asal Samarinda yang lebih dahulu masuk ruang isolasi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie pada 14 Maret 2020. Dengan adanya pasien positif asal Balikpapan menambah jumlah pasien terjangkit COVID-19 yang kini menjadi 3 orang, selain Balikpapan dan Samarinda ada pula dari Tenggarong, Kutai Kartanegara.

3. Masjid diimbau meniadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang, demi memutus penyebaran virus corona

Wali Kota Rizal Minta Warga Balikpapan Menunda Resepsi PernikahanPexels/Orest Sv

Rizal menambahkan, pihaknya juga segera membuat edaran ke sejumlah masjid yang ada di Balikpapan untuk mengurangi kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang, agar penyebaran virus corona bisa dihindari.

"Bila perlu diimbau juga meniadakan salat Jumat untuk sementara," pungkasnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya