Ada Benda Mencurigakan, FKPM Graha Indah Amankan TKP 

Simulasi pengamanan TKP

Balikpapan, IDN Times - Guna meningkatkan kemampuan Unit Reaksi Khusus (URK) Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kelurahan Graha Indah Balikpapan Utara melaksanakan pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP).

Pelatihan ini dilakukan di halaman Kelurahan Graha Indah pada Kamis (25/7) sore. Pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dilakukan untuk meningkatkan kemampuan diri sebagai polisi yang tanggap akan situasi keamanan.

"Ini sangat bagus ya, jadi ada komunikasi yang di bangun antara Kepolisian dan masyarakat, bagaimana menciptakan keamanan secara bersama di Lingkungan Kelurahan dan ini bisa menjadi contoh bagi FKPM lainnya yang ada di Balikpapan bahkan di luar Kaltim," jelas Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Supartono Sudin di Kelurahan Graha Indah.

1. Amankan lokasi dengan temuan benda mencurigakan

Ada Benda Mencurigakan, FKPM Graha Indah Amankan TKP IDN Times/ M. Idris

Bhabinkamtibmas bersama FKPM menggelar simulasi  pengamanan lokasi dengan keberadaan benda yang mencurigakan. Lantaran khawatir akan keamanan, lokasi tersebut langsung disterilkan oleh FKPM guna menghindari situasi yang tidak diinginkan. Serta menjaga agar masyarakat tidak mendekat dalam radius yang di tentukan.

Selaku Bhabinkamtibmas Kelurahan Graha Indah, Aipda Wempi Antariksa mengatakan, kegiatan simulasi pengamanan tempat kejadian perkara ini memang sengaja dilakukan dan bertujuan untuk melatih kepekaan dan kepedulian terhadap keamanan sekitar di wilayah Kelurahan untuk terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

"Kegiatan ini sangat didukung oleh pihak kelurahan dan Polsek Balikpapan Utara, namun FKPM harus tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat," jelas Aipda Wempi Antariksa.

Ia  menambahkan, sejauh ini situasi kamtibmas di wilayahnya berjalan baik dan aman, bahkan kerap kita lakukan patroli bersama.

"Kalau patroli hampir setiap malam dilakukan, mendatangi setiap poskamling yang ada," ungkap Wempi sapaan akrabnya

Baca Juga: Benda Mencurigakan di Pasar Cilacap, Polisi: Itu Fake Bomb

2. FKPM Graha Indah jadi lokasi belajar FKPM Bontang

Ada Benda Mencurigakan, FKPM Graha Indah Amankan TKP IDN Times/ M. Idris

Peragaan yang dilakukan oleh FKPM dalam melaksanakan tindakan pengamanan TKP ini disajikan untuk tamu dari FKPM Kota Bontang yang melakukan studi banding ke FKPM Graha Indah Balikpapan.

Ini merupakan kebanggaan tersendiri sebagai Bhabinkamtibmas dan  FKPM, dimana FKPM Graha Indah bisa menjadi contoh bagi FKPM lain yang ada di Kaltim seperti Kota Bontang.

"Semua sudah kami ajarkan kepada FKPM bagaimana menangani adanya temuan benda mencurigakan, seperti yang kami lakukan saat ini," jelas Wempi.

Sebagai Bhabinkamtibmas, Wempi juga berharap kepada masyarakat lainnya agar selalu dapat menjadi polisi bagi diri sendiri yang artinya dapat menjaga diri dan masyarakat lainnya seperti tetangga sekitarnya dengan memberikan rasa aman dan nyaman.

"Graha Indah luas, jadi semua anggota FKPM tersebar dan selama sudah berjalan dengan baik, komunikasi terus dilakukan setiap saat untuk memberikan laporan setiap adanya kejadian," ucapnya.

Wempi menjelaskan latihan simulasiini diharapkan menjadi rangsangan bagi FKPM lain yang ada di kota Balikpapan, sehingga dapat menciptakan kota yang aman dan nyaman.

Baca Juga: Benda Mencurigakan Ditemukan di Pintu Tol Sidoarjo, Ini kata Polisi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya