Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dharma Lautan Utama Tambah Kapal

Mudik murah naik kapal laut

Balikpapan, IDN Times - Tiket pesawat mahal, angkutan laut jadi alternatif pilihan untuk mudik. Jasa angkutan laut telah mempersiapkan diri untuk menyambut arus mudik dan arus balik untuk Lebaran tahun 2019 ini. 

Salah satu perusahaan jasa pelayaran, PT. Dharma Lautan Utama telah menambah dua armada kapal untuk mengangkut penumpang saat mudik Lebaran. KM Kirana dan Dharma Fery yang biasanya seminggu dua kali dipadatkan jadwalnya menjadi tiga kali seminggu.

1. Dharma Lautan Tambah 2 Armada Kapalnya.

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dharma Lautan Utama Tambah Kapalfacebook/Dharma Lautan Utama Palembang

Untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mudik pada Lebaran ini, pihak PT. Dharma Lautan menambah 2 kapal, dengan tujuan Balikpapan - Surabaya dan Balikpapan - Pare - Pare.

Kepala Cabang Balikpapan PT. Dharma Lautan, Saleh mengatakan, "Dua Armada KM Kirana kita tambahkan untuk bisa memenuhi kebutuhan arus mudik tahun 2019 ini. Tujuan Pare - Pare seminggu 2 kali dan tujuan Surabaya Seminggu 3 kali," jelasnya.

Dua kapal tambahan ini, rata-rata memiliki kapasitas 1.600 penumpang ditambah kendaraan roda dua dan roda empat.

Baca Juga: Pelni Imbau Pemudik Beli Tiket Kapal Laut Lebih Awal  

2. Tiket kapal dijual secara online

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dharma Lautan Utama Tambah KapalIDN Times/Aan Pranata

Teknologi yang semakin berkembang juga di manfaatkan oleh PT Dharma Lautan Utama dengan cara menjual tiket secara online atau E- ticket sehingga calon penumpang tidak repot lagi untuk membeli di loket cukup menggunakan aplikasi di android sudah bisa mendapatkan tiket.

"Ini yang kami lakukan untuk memudahkan calon penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi laut, jadi tidak perlu membawa tiket, cukup melihatkan kode booking dan nanti petugas akan mencetaknya sebagai tiket," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Saleh, untuk memudahkan pengecekan di kapal, setiap penumpang akan mendapatkan gelang sebagai tanda bahwa penumpang tersebut sudah pasti memiliki tiket.

3. Lonjakan penumpang diperkirakan hingga 20 persen.

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dharma Lautan Utama Tambah KapalIDN Times/Aan Pranata

Arus mudik dengan jasa transportasi laut diperkirakan akan mengalami peningkatan sebanyak 20 persen pada arus mudik tahun 2019 ini. Hal ini terlihat pada jumlah tiket yang sudah terjual rata rata sudah mencapai 80 persen di setiap pemberangkatan.

"Ini juga dampak dari mahalnya harga tiket pesawat, ditambah dengan barang bawaan yang gratis di jasa transportasi laut," kata Saleh.

Saleh menambahkan, hal seperti ini juga terjadi pada tahun 2009 - 2010 dimana moda transportasi laut menjadi idola di saat itu. Hal ini bisa saja kembali terjadi akibat kenaikan harga tiket pesawat yang cukup siginifikan.

Baca Juga: Kapal Klotok, Pilihan Transportasi Mudik Lebaran Balikpapan-Penajam 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya