Balikpapan Aman, Minim Angka Kriminalitas di Tempat Wisata

Petugas kepolisian terus berpatroli

Balikpapan, IDN Times - Libur lebaran sejak hari Sabtu hingga H + 4 lebaran (9/6) yang tertumpu di berbagai kawasan wisata Balikpapan Timur terlihat kondusif. Hal ini dipantau langsung oleh Kapolsek Balikpapan Timur, Kompol Dody Susantyoko di Kawasan Pantai Manggar, Lamaru hingga Penangkaran Buaya yang ada di Teritip, Balikpapan.

Situasi kondusif di kawasan Balikpapan Timur ini tak lepas dari seluruh peran masyarakat sekitar yang turut serta menjaga Kamtibmas, selain Kepolisian/ TNI yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat di tiga lokasi wisata yang ada di Balikpapan Timur.

1. Babinkamtibmas dan Babinsa berpatroli di kawasan wisata

Balikpapan Aman, Minim Angka Kriminalitas di Tempat WisataIDN Times/M. Idris

Bhabinkamtibmas dan Babinsa berpatroli dengan membawa pengeras suara untuk mengingatkan para wisatawan yang ramai berkunjung di pantai. Mereka mengimbau para orang tua agar menjaga anak-anaknya yang sedang bermain di bibir pantai, baik di Pantai Manggar Segara Sari, kawasan Pantai Lamaru serta kawasan Penangkaran Buaya Teritip.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta melalui Kapolsek Balikpapan Timur, Komisaris Polisi, Raden Dody Susantyoko mengatakan, patroli yang dilakukan setiap satu jam sekali ini untuk mengingatkan para orang tua, agar terus mengawasi keluarganya yang sedang menikmati indahnya pantai yang ada untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Menggunakan pengeras suara, agar bisa didengar oleh para wisatawan, bahwa ada batas yang ditentukan untuk bermain di bibir pantai yang ada," jelas Dodi.

Selain adanya petugas SAR yang berjaga di kawasan pantai, baik dari Basarnas dan Polairud Polres Balikpapan, Petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga wajib melakukan pemantauan dan imbauan bersinergi menjaga kondusivitas kawasan Balikpapan Timur.

Baca Juga: 94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur Lebaran

2. Penebalan personel dari Polres dan Polda Kaltim

Balikpapan Aman, Minim Angka Kriminalitas di Tempat WisataIDN Times/M.Idris

Untuk menjaga seluruh kawasan wisata, Polsek Balikpapan Timur, mendapatkan tambahan personel dari Polres Balikpapan dan Polda Kaltim.

"Kita berikan penebalan di setiap masing-masing kawasan wisata yang ada, penebalan ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang sedang berlibur lebaran," ungkap Dody.

Penambahan personel juga dilakukan di jalur masuk ke pantai, untuk mengatur arus lalu lintas keluar masuk pantai.

"Kalau masuk pantai di kawasan Manggar Segara Sari tidak macet karena ada dua jalur yang digunakan, selain itu tidak berbarengan. Berbeda ketika saat akan balik atau pulang, pasti terjadi kemacetan, sehingga harus diatur agar bisa berjalan lancar," ucap Dody.

Kemacetan biasa terjadi di kawasan Pantai Manggar Segara Sari, seperti lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, lantaran wisatawan yang datang bukan hanya dari Balikpapan melainkan dari luar kota seperti Samarinda, Bontang, dan Tenggarong.

3. Tidak ada kejadian yang menonjol selama libur lebaran

Balikpapan Aman, Minim Angka Kriminalitas di Tempat WisataIDN Times/M.Idris

Kapolsek Balikpapan Timur menegaskan, selama libur lebaran di wilayah Balikpapan Timur tidak ada kejadian yang menonjol, baik tindak kriminal ataupun kejadian lainnya di kawasan pantai dan tempat wisata lainnya.

"Bisa jadi karena banyaknya petugas yang ada di kawasan wisatawan di Balikpapan timur, sehingga kriminalitas tidak terjadi" ucapnya.

Tidak ada laporan sejauh ini, terkait tindakan kriminalitas baik yang bersifat pencurian dengan pemberatan (curat) ataupun pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di kawasan Balikpapan Timur.

Selain pengawasan kawasan pantai dan kawasan wisata lainnya, petugas juga melakukan patroli terhadap rumah warga yang ditinggal mudik lebaran.

"Biasa ada kasus pencurian rumah kosong yang terjadi, namun saat ini tidak ada yang terjadi dan mudah-mudahan tidak ada kejadian hingga penghuni rumah kembali dari libur lebaran, " pungkas Dody.

Baca Juga: Tempat Wisata Ini Menyimpan Lukisan yang Punya Kesan Mistis 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya