Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Pengawasan Pasca Bom Di Kartasura

Libatkan K9 untuk tingkatkan keamanan

Balikpapan, IDN Times - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman  (SAMS) Sepinggan Balikpapan meningkatkan kewaspadaan pasca terjadinya bom bunuh diri di Pos Polisi Kartasura Jawa Tengah. Pengawasan semakin diperketat terutama pada akses pintu masuk Bandara.

Pengawasan yang dilakukan melibatkan Avation Security bersinergi dengan unsur keamanan lain dari TNI/Polri. Selain untuk antisipasi bom penjagaan juga dilakukan untuk pencegahan terjadinya gangguan Kamtibmas di Bandara SAMS Sepinggan.

1. Tingkatkan Pengawasan dan Pengamanan di Area Bandara SAMS

Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Pengawasan Pasca Bom Di KartasuraDok.IDN Times/Istimewa

General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan, telah menyusun langkah-langkah untuk mengantisipasi kejadian bom bunuh diri di Kartasura agar tak terjadi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

"Pengamanan kamu lakukan di area pintu masuk dengan mendirikan pos keamanan, pengawasan pada tempat tempat orang berkumpul serta patroli rutin di area Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan," kata Farid.

Selain itu Farid menambahkan, untuk di Posko Terpadu Angkutan Udara pihaknya juga mempertebal keamanan dengan menambahkan jumlah personil Aviation Security, tambahnya.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Pemudik di Bandara Husein Anjlok 71 Persen

2. Pengamanan dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penumpang di area Bandara dan ketika salat Id.

Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Pengawasan Pasca Bom Di KartasuraDOk.IDN Times/Istimewa

Pengamanan yang dilakukan oleh pihak PT. Angkasa Pura I (Persero) ini untuk memberikan rasa aman kepada para calon penumpang yang akan melakukan penerbangan ke tempat tujuan. Agar para penumpang yang berada di Bandara SAMS Sepinggan merasa tenang dan tidak khawatir akan adanya kejadian yang serupa seperti di Jawa Tengah.

"Petugas melakukan pemeriksaan kendaraan, baik roda 2 dan 4 dengan memeriksa barang bawaan, pemeriksaan dilakukan Aviation Security bersinergi bersama unsur keamanan lain dari TNI dan Polri," jelasnya.

Lebih lanjut Farid menjelaskan hari Rabu (5/6) Angkasa Pura I juga melaksanakan kegiatan Sholat Idul Fitri 1440 H di Gedung Parkir Lantai 5 Bandara SAMS Sepinggan. Saat pelaksanaan salat Id pihaknya juga tetap melakukan upaya pengamanan dengan penyisiran dan memeriksa barang bawaan jemaah.

3. Pengamanan dilakukan selama lebaran

Bandara SAMS Sepinggan Tingkatkan Pengawasan Pasca Bom Di KartasuraDok.IDN Times/Istimewa

Pengamanan di kawasan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ini dilakukan selama H-7 hingga H+7 lebaran dengan meningkatkan frekuensi patroli bandara secara keseluruhan.

"Pengamanan khusus ini hanya pada saat momen lebaran saja, selain itu juga untuk pengamanan kita lakukan bukan hanya di terminal bandara melainkan meluas hingga cargo dan bandara secara keseluruhan," tuturnya.

Operasional Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan selama arus mudik lebaran 1440 H pada tanggal 29 Mei 2019 hingga 3 Juni 2019 (H-7 s/d H-2) pada penumpang terjadi penurunan sebanyak 107.595 penumpang dibandingkan tahun 2018 yang lalu sebesar 142.735 penumpang. Penumpang turun 25 persen di tahun 2019 ini. Sementara untuk kargo tahun 2019 sebesar 670.934 atau turun 48% dibandingkan tahun 2018 yakni 1.278.290. .

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Menhub Imbau Pemudik Pulang pada 7 atau 10 Juni

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya