Berlibur di Pantai, Waspadai Sengatan Ikan Pari 

Sengatan ikan pari bisa berakibat fatal

Balikpapan, IDN Times - Liburan sekolah jadi saat yang menyenangkan untuk anak-anak berlibur di pantai-pantai Balikpapan, seperti Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Kemala Beach, dll.

Namun, bermain air di pantai juga mesti waspada dengan hewan berbahaya seperti ikan pari (whiptail stingray) yang sering berada di dasar pasir pantai. Jika manusia terkena racunnya bisa panas dingin dan harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

"Ini harus diwaspadai, jangan dianggap remeh, kawasan pantai menjadi lokasi ikan pari," jelas Hery Saputro, Koordinator TPI Klandasan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3).

1. Bahaya racun ikan Pari, liburan bisa berubah bencana

Berlibur di Pantai, Waspadai Sengatan Ikan Pari IDN Times/ M. Idris

Liburan di pantai perlu waspada akan hadirnya makhluk laut kecil yang sangat berbahaya, yang bisa mengubah kesenangan menjadi bencana karena racun ikan Pari.

Koordinator TPI Klandasan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Hery Saputro mengatakan, meskipun kecil ikan pari ini memiliki racun yang berbahaya.

"Sekalipun masih baby, tapi ini sudah punya ekor yang ber-taji (beracun/berbisa), orang yang kena sengatannya bisa panas dingin," jelas Hery.

Baca Juga: Gelombang Pasang Terjadi Pantai Baron, Hancurkan Pelelangan Ikan 

2. Cegah sebelum terkena bisa ikan pari

Berlibur di Pantai, Waspadai Sengatan Ikan Pari IDN Times/ M. Idris

"Habitat ikan Pari ( Stingray) di kawasan pantai yang berpasir, jadi jika terkena langsung menepi dan meminta tolong petugas," ungkapannya.

Sementara untuk pencegahan terkena sengatan ikan pari, pengunjung pantai disarankan menggunakan alas kaki seperti sepatu selam. 

3. Sengatan ikan Pari bisa menjadi kematian

Berlibur di Pantai, Waspadai Sengatan Ikan Pari IDN Times/ M. Idris

Beberapa orang yang pernah menjadi korban sengatan ikan pari ini hingga harus dirawat di rumah sakit, bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

Seperti Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, dan juga Steve Irwing "The Crocodile Hunter" yang bahkan meninggal dunia terkena sengatan racun ikan pari.

Heri berharap, untuk orang tua selalu mewaspadai anaknya jika bermain di pantai, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat liburan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pantai Unik yang Sajikan Pemandangan Tak Biasa!

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya