Comscore Tracker

Iron Man Balikpapan, Kreativitas yang Menghasilkan Rupiah

Tak cuma berfoto, bahkan bisa membuat dan menjual kostumnya

Balikpapan, IDN Times - Iron Man, salah satu tokoh superhero Avengers terlihat menemani anak-anak berfoto. Tentu bukanlah Iron Man sesungguhnya, melainkan seseorang yang berpakaian ala Iron Man untuk mencari rezeki dan menghibur ana-anak.

Laki-laki di balik kostum Iron Man ini Sugianur, ia bersedia berfoto dengan anak-anak yang mengidolakan tokoh superhero ini dengan tarif sukarela.

"Kita menghibur anak-anak, tidak memasang tarif, berapapun diberi yang saya terima," ungkapnya saat berada di Lapangan Merdeka Balikpapan.

1. Jadi super Hero bagi anak-anak setiap weekend

Iron Man Balikpapan, Kreativitas yang Menghasilkan RupiahIDN Times/ M. Idris

Anak-anak bahkan rela mengantre untuk berfoto bersama Suginanur di balik kostum Iron Man ini. Sugianur sering mengais rezeki dengan kostum Iron Man ini di Lapangan Merdeka atau lokasi lain yang potensial.

Ketika ditanya soal penghasilan, Sugianur menerangkan, dalam satu hari dirinya bisa meraup ratusan ribu rupiah, hanya dengan menjadi model dan foto bersama.

"Saya tidak mematok harga mas, dikasih ya saya terima, itung-itung bisa membahagiakan anak-anak," jelasnya.

Baca Juga: Rumah Tony Stark di Avengers: Endgame Disewakan, Mau Menginap di Sini?

2. Sengaja memilih superhero Avengers karena sedang tren dan disukai anak-anak

Iron Man Balikpapan, Kreativitas yang Menghasilkan RupiahIDN Times/ M. Idris

Sugianur menangkap peluang bisnis dari kepopuleran film-film superhero Marvel. Salah satu tokoh Avengers yang paling digemari anak-anak adalah Iron Man.

Dari kreativitasnya, Sugianur mampu meraih rupiah, bukan hanya untuk dipakai sendiri sebagai model foto bersama anak-anak, Sugianur juga membuat baju Iron Man yang kemudian ia perjualbelikan.

"Saya buat juga, untuk dijual, harganya berkisar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta rupiah, bisa juga pesan terlebih dahulu," terangnya.

Iron Man Balikpapan ini merupakan warga Batu Ampar, Balikpapan Utara, tepatnya di jalan Perintis. Di sanalah dirinya membuat kostum Iron Man.

Sugianur memiliki workshop, setiap hari ia membuat kostum untuk dijual. Pembuatan 1 kostum Iron Man memakan waktu hingga dua bulan lamanya.

"Bahan yang saya gunakan dari busa topi, bahannya agak kaku, namun ringan, sehingga mudah bergerak," ujar Sugianur.

3. Kostum ditawarkan ke berbagi pihak

Iron Man Balikpapan, Kreativitas yang Menghasilkan RupiahIDN Times/ M. Idris

Untuk memasarkan hasil karyanya kostum Iron Man ini, sang kreator menawarkan ke berbagai pihak. Terkadang ada juga pelanggan yang langsung datang ke bengkel Sugianur untuk membeli hasil karyanya.

Kostum yang kerap digunakannya pada saat Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka tersebut, dirinya harus merogoh kocek sebesar Rp1 juta untuk kostum yang dikenakan hingga saat ini.

"Kalau belajarnya semua dari internet, kan banyak modelnya, jadi kita bisa buat desain mengikuti yang ada di internet, tinggal mencocokkan ukurannya saja biar pas," bebernya.

Sugianur juga menambahkan baju Iron Man juga dapat disewa. Calon penyewa dapat memilih kostum di bengkelnya dengan tarif sewa antara Rp150 ribu hingga Rp500 ribu.

Baca Juga: 6 Macam Avengers Paling Populer di Marvel Universe, Keren Abis!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya