Comscore Tracker

Isak Tangis Keluarga Melepas Calon Jemaah Haji Menuju Asrama Haji

Semoga menjadi haji yang mabrur

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 449 calon jemaah haji kloter pertama Balikpapan bertolak ke Asrama Haji yang terletak di jalan Mulawarman, Balikpapan. Calon jemaah haji ini menuju Embarkasi Balikpapan menggunakan 15 buah bus yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota di Balikpapan Islamic Center pada Kamis (18/7) siang.

Isak tangis keluarga pecah saat melepas para calon jemaah haji menuju ke bus dengan pengawalan dari Satlantas Polres Balikpapan.

"Hari ini kita berangkatkan 449 calon jemaah haji kloter pertama Balikpapan menuju embarkasi haji di Balikpapan Timur," jelas Masrivani, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan.

1. Calon jamaah haji gunakan 15 bus menuju embarkasi

Isak Tangis Keluarga Melepas Calon Jemaah Haji Menuju Asrama HajiIDN Times/ M. Idris

Menggunakan 15 bus yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan, sebanyak 449 jemaah dan 5 pendamping haji menuju ke embarkasi haji. Sebelum berangkat, calon jemaah haji Kloter satu Balikpapan di kumpulkan di Balikpapan Islamic Center (BIC) untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Calon jemaah haji kloter 1 Balikpapan ini, sudah terbagi masing masing kelompok, dengan memilki tanda yang berbeda.

Masrivani mengatakan, hari Kamis ini (18/7) semua jemaah calon haji kloter 1 Balikpapan harus masuk Asrama Haji pada pukul 15.00 WITA dan di sana akan diterima oleh Panitia Penyeleggara Ibadah Haji (PPIH).

"Hari ini kita mengingatkan kembali para calon jemaah haji untuk tidak membawa uang, dan rokok yang berlebihan atau cairan lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: Beddu, Jemaah Tertua Balikpapan Naik Haji dari Hasil Jualan Sayur

2. Isak tangis keluarga pecah melepas keberangkatan calon jemaah haji

Isak Tangis Keluarga Melepas Calon Jemaah Haji Menuju Asrama HajiIDN Times/ M. Idris

Isak tangis dari keluarga yang mengantar calon jemaah haji pecah saat menuju bus yang akan memberangkatkan menuju embarkasi haji Balikpapan di Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur.

Seperti yang terlihat di lapangan, seorang anak menangis sejadi-jadinya, melihat ayahnya menuju bus, hingga dirinya berlari memeluk ayahnya sebelum memasuki bus yang sudah menunggu.

"Ini yang pertama kali berangkat haji, memang saya tidak pernah jauh dari anak-anak saya," ungkapnya Ahmad Setiadi sesaat sebelum memasuki bus.

Untuk melakukan perjalanan menuju Asrama Haji Embarkasi Balikpapan, 15 bus diberangkatkan dengan pengawalan petugas Satlantas Polres Balikpapan.

3. Sebanyak 5 orang jemaah menggunakan alat bantu kursi roda

Isak Tangis Keluarga Melepas Calon Jemaah Haji Menuju Asrama HajiIDN Times/M.Idris

Menggunakan kursi roda tidak menjadi halangan untuk memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima. Terdapat  5 calon jemaah haji kloter 1 Balikpapan yang menggunakan kursi roda.

"Meski menggunakan kursi roda namun dari pemeriksaan petugas kesehatan bisa masuk embarkasi, yang artinya bisa menunaikan ibadah haji," terang Masrivani.

Calon jemaah haji kloter 1 Embarkasi Balikpapan yang menggunakan alat bantu ini nantinya akan dibantu oleh panitia hingga embarkasi haji.

Untuk final pengecekan kesehatan dan tas bagasi milik calon jamaah haji akan dilakukan di Asrama Haji.

"Semua sudah kita ingatkan, untuk tidak membawa barang yang sekiranya tidak dibutuhkan saat di sana, biasanya para jemaah pria membawa rokok melebihi batas ketentuan," bebernya.

Baca Juga: Hidrolik Bocor, Pesawat Garuda Berisi Jemaah Haji Putar Balik

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya