Jelang Lebaran, Basarnas Siagakan Alut SAR Air dan Darat

Basarnas siap siaga juga di lokasi-lokasi wisata favorit

Balikpapan, IDN Times - Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim Kaltara) melakukan persiapan jelang libur Lebaran 2019/1440 Hijriah dengan menyiagakan sejumlah alut (peralatan utama) SAR yang di milikinya.

Kesiapsiagaan ini di lakukan sejak tanggal 28 hingga 13 Juni 2019 dengan jumlah personil yang terjunkan sebanyak 65 anggota, dengan kesiapan selama 24 jam.

1. Basarnas buka 16 Posko di Kaltim dan Kaltara

Jelang Lebaran, Basarnas Siagakan Alut SAR Air dan DaratIDN Times/M.Idris

Untuk menunjang keselamatan arus mudik lebaran tahun 2019, kantor pencarian dan pertolongan kelas A Balikpapan, Basarnas Kaltim Kaltara menyiagakan 16 Posko.

Para petugas yang disiagakan di Posko ini akan berjaga selama 24 jam, dengan jadwal shift yang sudah di tentukan oleh Basarnas.

Kasie Ops. Basarnas Kaltim Octavianto mengatakan, petugas Basarnas akan disiagakan selama 24 jam, terkecuali Bandara dan pelabuhan yang mengikuti jadwal pesawat dan kapal laut.

"Kita siagakan petugas sesuai kebutuhan di setiap Posko yang ada, namun kesiapsiagaan ini lebih pada jalur laut arus mudik tahun 2019," jelasnya.

Untuk Balikpapan ada di Pos terpadu di Pelabuhan Semayang, Bandara SAMS Sepinggan serta kawasan pantai yang menjadi sebagai objek wisata saat libur lebaran.

Baca Juga: Tanggal 1-3 Juni Jadi Momen Puncak Arus Mudik Lebaran 2019 di DIY

2. Basarnas siagakan alut SAR air dan darat

Jelang Lebaran, Basarnas Siagakan Alut SAR Air dan DaratIDN Times/M.Idris

Untuk menunjang pekerjaan Basarnas Kaltim dalam libur Lebaran tahun 2019 ini, Basarnas Kaltim menyiagakan sejumlah alut SAR air yang akan digunakan untuk bersiaga dan patroli selama arus mudik dan arus balik. 

Alut SAR air yang di siapkan berupa, KN. Wisanggeni, KN 408, RIB, Sea Rider, Rubber Boat, rescue truck, ATV Amphibious, alat komunikasi radio serta truk angkut.

Octavianto mengatakan, "Kita siagakan semua peralatan SAR air dan darat di Posko Utama Basarnas di Jalan Masrma Iswahyudi Sepinggan, Balikpapan Selatan," ungkapnya.

Sementara untuk kesiapan di lokasi wisata, tepatnya di Pantai Manggar dan Pantai Lamaru pada libur Lebaran, alat SAR air langsung disiagakan di lokasi tersebut seperti pada tahun sebelumnya, tambah Octavianto

3. Basarnas melakukan patroli air rute Balikpapan - Penajam

Jelang Lebaran, Basarnas Siagakan Alut SAR Air dan DaratIDN Times/M.Idris

Selain bersiaga di Posko Terpadu, Basarnas juga melakukan patroli laut jalur Balikpapan - Penajam Paser Utara yang menjadi salah satu lintasan jalur laut di hari raya Idulfitri.

Patroli untuk mengantisipasi keamanan pengguna jasa laut yang menggunakan kapal klotok dan speed boat  ketika arus mudik dan arus balik sudah mulai ramai. Arus mudik diprediksi semakin padat H -3 hingga Lebaran.

"Basarnas melakukan patroli mengunakan rubber boat hanya untuk mengantisipasi jalur yang saat ini angin dan musim hujan," terang Octavianto.

Pelaksanaan kesiapsiagaan oleh Basarnas ini untuk menunjang arus mudik aman dan lancar sehingga masyarakat dapat menikmati mudik dan liburan dengan nyaman.

Baca Juga: Sadino Senang Bisa Mudik Gratis Bersama 19 Anggota Keluarganya

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya