Polda Kaltim, Gelar Operasi Gratis 12 Penderita Bibir Sumbing

Semoga operasinya berjalan lancar dan lekas sembuh

Sebanyak 12 penderita bibir sumbing mendapatkan operasi gratis di Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan, pada Selasa (18/6). Operasi bibir sumbing ini merupakan bakti sosial Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada 1 Juli ini. Operasi bibir sumbing digelar serentak di 24 Rumah Sakit Polri di seluruh Indonesia

"Kita bantu masyarakat, kita tahu operasi bibir sumbing ini tidak murah, dengan bakti sosial ini bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan operasi," jelas Kapolda Kaltim Irjen Pol. Priyo Widyanto usai melihat proses operasi bibir sumbing.

1. Operasi dilakukan selama 2 hari

Polda Kaltim, Gelar Operasi Gratis 12 Penderita Bibir SumbingIDN Times/ M. Idris

Kapolda Kalimantan Timur, Inspektur Jendral Polisi Priyo Widyanto bersama Wakapolda Kaltim Brigadir Jendral Eddy Sumitro Tambunan serta Kabid Dokkes Kombes Pol, Drg.Gandik Siswondo melihat langsung proses operasi yang dilakukan oleh tim medis di ruang operasi Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan.

Kegiatan bakti sosial ini dilakukan secara serentak di jajaran Polda se-Indonesia, untuk mengoperasi gratis sebanyak 500 pasien bibir sumbing. Kegiatan operasi bibir sumbing Polda Kaltim ini akan dilangsungkan selama 2 hari yaitu hari ini Rabu besok (19/6).

Operasi gratis bibir sumbing ini juga sengaja dilakukan untuk membantu warga yang kurang mampu, karena biaya operasi bibir sumbing cukup mahal.

"Untuk mengurangi beban masyarakat, kita lakukan bakti sosial yang langsung menyentuh masyarakat," beber Priyo.

Bibir sumbing merupakan suatu kondisi kelainan bawaan dengan adanya celah atau belahan pada bibir atas atau di langit-langit mulut. Operasi bibir sumbing dapat membantu fungsi bibir dan penampilan menjadi lebih baik.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Ikatan Ahli Bedah Mulut dan Masilofasial (PABMI), dan pasien yang mengikuti operasi bibir sumbing berusia 5 bulan hingga 20 tahun.

Baca Juga: Polda Metro Pastikan WA Berisi Adu Domba TNI/Polri adalah Hoaks

2. Semua biaya digratiskan, bahkan pasien diberi bingkisan

Polda Kaltim, Gelar Operasi Gratis 12 Penderita Bibir SumbingIDN Times/ M. Idris

Selain melakukan operasi bibir sumbing secara gratis, orang nomor satu di jajaran Kepolisian Polda Kaltim ini juga memberikan bingkisan kepada para pasien yang terdaftar.

"Kami juga memberikan bingkisan kepada para pasien yang menjalani operasi bibir sumbing," ucapnya usai memberikan sambutan dalam acara Bakti Sosial.

Pasien yang mengikuti program operasi bibir sumbing ini dibebaskan dari semua biaya. "Semua kita gratiskan, semoga ini bisa menjadi manfaat bagi masyarakat pada Hari Bhayangkara ke-73 tahun ini," tegasnya.

3. Juwita bahagia anaknya bisa mendapatkan operasi bibir sumbing

Polda Kaltim, Gelar Operasi Gratis 12 Penderita Bibir SumbingIDN Times/ M. Idris

Seorang ibu pasien penderita bibir sumbing, Juwita merasa terharu. Anak keempatnya Nurita, usia 5 bulan, bisa melakukan operasi bibir sumbing secara gratis. Ia mengetahui adanya bakti sosial operasi bibir sumbing ini dari sosial media dan langsung mendatangi Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendaftar.

"Langsung daftar aja, tidak ada biaya sedikitpun yang saya keluarkan," ucapnya dengan wajah senang.

Juwita sangat berterima kasih kepada pihak kepolisian atas kegiatan operasi bibir sumbing gratis yang dilakukan untuk Nurita, anak bungsu dari empat bersaudara, yang merupakan warga Kampung Baru Ujung, Balikpapan Barat

"Ini baru yang pertama kali, langsung dioperasi siang ini. Semoga bisa berjalan lancar," ungkapnya.

Juwita berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan lantaran dapat membantu kesusahan warga yang tidak mampu untuk melakukan operasi bibir sumbing.

Baca Juga: 10 Pesona Seo Kang Joon, Polisi Kece di KDrama Baru Watcher

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya