300 Siswa SD dan SMP di Balikpapan Terima Bantuan Sekolah BAZMA 

Mari bersedekah dan berbagi

Balikpapan, IDN Times - Badan Amil Zakat Pertamina (Bazma) RU V Kota Balikpapan membagikan paket bantuan sekolah  kepada siswa dari keluarga miskin di kota ini. Sebanyak 300 paket yang dibagikan terdiri dari 150 paket bantuan untuk siswa sekolah dasar (SD) dan 150 paket bantuan untuk siswa menengah pertama (SMP).

Ketua Pelaksana Harian Badan Amil Zakat Pertamina (Bazma) Refinery Unit (RU) V Kota Balikpapan Suyono mengatakan, program ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina kepada warga/keluarga miskin (gakin) di Balikpapan.

Bantuan yang dikumpulkan berasal dari dana zakat yang dikelola BAZMA sebagai badan amil zakat yang mengelola zakat dari karyawan Pertamina.

1. Bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan

300 Siswa SD dan SMP di Balikpapan Terima Bantuan Sekolah BAZMA IDN Times/Maulana

Suyono menjelaskan sebagai badan yang dibentuk untuk mengumpulkan dana zakat dari karyawan Pertamina, BAZMA Balikpapan telah menjadikan program bantuan pendidikan sebagai program rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

“Tiap tahun kita bagikan paket kepada sejumlah siswa gakin di Kota Balikpapan dari seluruh kecamatan yang ada,” jelas Suyono kepada IDN Times disela-sela acara pembagian paket bantuan BAZMA RU V di Masjid Istiqomah Balikpapan, Selasa (25/6).

Siswa yang menerima bantuan adalah siswa gakin yang bersekolah di beberapa sekolah di Kota Balikpapan.

“Yang kami bagikan ini bagi siswa gakin, yang sengaja kami bagikan menjelang jadwal masuk sekolah," ujarnya.

Baca Juga: Bedanya Hadiah, Wakaf, Infak dan Zakat Menurut Ajaran Islam

2. BAZMA siapkan paket beasiswa bagi 400 siswa

300 Siswa SD dan SMP di Balikpapan Terima Bantuan Sekolah BAZMA IDN Times/Maulana

Sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap dunia pendidikan di Kota Balikpapan, BAZMA RU V Kota Balikpapan juga menyiapkan 400 paket beasiswa bagi siswa gakin di Kota Balikpapan.

Sejumlah 400 paket yang disiapkan yakni 100 paket untuk siswa SD, 100 paket SMP, 100 paket SMA dan 100 paket untuk mahasiswa perguruan tinggi.

"Masing-masing tingkat kami alokasikan 100 paket, dari tingkat SD hingga perguruan tinggi," terangnya.

3. Pengumpulan zakat mencapai Rp240 juta per bulan

300 Siswa SD dan SMP di Balikpapan Terima Bantuan Sekolah BAZMA IDN Times/Maulana

Suyono menyebutkan total pengumpulan zakat di BAZMA RU V Kota Balikpapan mencapai Rp240 juta per bulan.

Sekitar 60 persen karyawan Pertamina sudah memenuhi untuk membayar zakat melalui BAZMA RU V. "Kami hanya menangani zakat dari Pertamina, tidak ada dari luar," tuturnya.

Selain program peduli pendidikan, BAZMA RU V juga telah menjalankan program pembiayaan untuk usaha peternakan domba di Kilometer 7, 10, 12 dan 23.

Para peternak diberikan bantuan berupa 1 ekor domba jantan dan 3 ekor domba betina. "Ini bukan kemitraan, ini murni bantuan kepada peternak," ungkapnya.

Namun Suyono tidak memberikan rincian nilai total bibit domba yang diberikan kepada peternak dalam program ini.

Baca Juga: 7 Jenis Harta Ini Wajib untuk Dibayarkan Zakatnya

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya