45 Anggota DPRD Terpilih Balikpapan Dilantik

Abdulloh jabat ketua DPRD sementara

Balikpapan, IDN Times - Anggota DPRD Kota Balikpapan yang baru saja terpilih setelah memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg 2019) dilantik hari Senin (26/8). Acara Pengambilan Sumpah dan Jabatan Anggota DPRD Kota Balikpapan Periode 2019 - 2024 ini digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) atau Dome Balikpapan.

Sayangnya, hampir 50 persen anggota DPRD Kota Balikpapan periode 2014 - 2019 atau periode lama tidak tampak menghadiri acara pelantikan Anggota DPRD Terpilih Periode 2019 - 2024 ini. Dari 45 kursi anggota DPRD Kota yang disediakan hanya sekitar 23 yang terisi. Sisanya kosong.

“Kami hanya sampaikan undangan, mereka tidak datang saya tidak tahu, karena tidak ada konfirmasi,” kata Sekretariat DPRD Kota Balikpapan Andi Azis.

1. Abdulloh menjabat Ketua DPRD Balikpapan sementara

45 Anggota DPRD Terpilih Balikpapan DilantikIDN Times/Maulana

Untuk mengisi kekosongan jabatan ketua DPRD Kota Balikpapan pada periode yang baru,  berdasarkan surat keputusan dari Gubernur Kaltim ditunjuk Abdulloh, anggota DPRD terpilih dari Partai Golkar sebagai ketua DPRD sementara.

Selain Abdullah, Aziz menjelaskan, ditunjuk juga seorang wakil ketua DPRD sementara yakni Tohari Aziz, anggota DPRD terpilih dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dua unsur pimpinan sementara itu, bertugas memimpin DPRD Kota Balikpapan hingga terbentuknya unsur alat kelengkapan dewan (AKD) yang menyangkut struktur ketua dan beberapa wakil ketua.

“Ini untuk sementara hingga terbentuknya unsur pimpinan dewan yang baru,” jelas Aziz.

Baca Juga: 350 Personel TNI/Polri Amankan Pelantikan DPRD Balikpapan

2. Dalam 1 bulan, ditargetkan unsur pimpinan definitif terbentuk

45 Anggota DPRD Terpilih Balikpapan DilantikIDN Times/Maulana

Untuk memaksimalkan kinerja anggota DPRD yang baru dilantik, Azis menargetkan unsur pimpinan yang baru akan terbentuk paling lambat 1 bulan dari masa pelantikan pada saat ini.

Pembentukan unsur pimpinan definitif sangat penting untuk mengawali unsur alat kelengkapan dewan lainnya seperti badan anggaran, dan badan legislatif.

“Jadi yang pertama dibentuk dulu unsur pimpinan definitifnya, baru kita akan menindaklanjuti untuk membentuk alat kelengkapan dewan lainnya,” jelasnya.

Azis berharap unsur pimpinan definitif dapat terbentuk pada awal bulan September mendatang, sehingga jadwal kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan lancar.

Seperti rencana pelaksanaan pelatihan dan pembekalan kepada anggota DPRD Balikpapan yang baru di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kalimantan Timur pada 16 September mendatang.

“Mudah-mudahan sudah selesai pada awal September, karena ada jadwal pelantikan di BKPSDM, untuk anggota DPRD yang baru, termasuk yang lama dan terpilih lagi,” tuturnya

3. Anggota DPRD Balikpapan yang baru dilantik dapat langsung bertugas

45 Anggota DPRD Terpilih Balikpapan DilantikIDN Times/Maulana

Setelah resmi dilantik oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan Tenri Muslinda, para anggota DPRD Kota Balikpapan Periode 2019 - 2014 resmi bertugas sebagai anggota legislatif.

“Mulai hari ini, para anggota DPRD Kota Balikpapan yang baru dilantik sudah resmi dapat bekerja sebagai anggota legislatif dan dapat mulai berkarya untuk menjalankan tugas sebagai anggota dewan,” terangnya.

Pada acara ini para anggota DPRD Kota Balikpapan yang dilantik mengucapkan sumpah anggota DPRD dan menandatangani pakta integritas.

Baca Juga: 5 Ribu Paket Sembako Jadi Suvenir Pelantikan DPRD Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya