5 Ribu Paket Sembako Jadi Suvenir Pelantikan DPRD Balikpapan

Nilai anggaran paket sembako mencapai Rp900 juta

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 5 ribu paket sembako dibagikan dalam pelantikan anggota DPRD Kota Balikpapan Periode 2019 - 2024 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)atau Dome Balikpapan, Senin (26/8).

Paket sembako ini merupakan suvenir yang dibagikan oleh panitia pelantikan kepada para tamu undangan yang hadir. Paket sembako yang dikemas dalam goody bag ukuran besar ini berisi 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng dan 1 kilogram gula.

“Kami mencoba memberikan suvenir yang bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Andi Aziz.

1. Total anggaran sembako tercatat mencapai Rp900 juta

5 Ribu Paket Sembako Jadi Suvenir Pelantikan DPRD BalikpapanIDN Times/Maulana

Pelaksanaan pelantikan anggota DPRD Kota Balikpapan periode 2019-2024 cukup berbeda dengan periode-periode sebelumnya. Pada acara pelantikan kali ini, panitia pelantikan menyiapkan sekitar 5 ribu paket sembako sebagai pengganti souvenir acara pelantikan.

Para tamu undangan yang hadir dapat menukar kupon yang ada di bagian undangan dengan satu paket sembako yang sudah disediakan oleh panitia pelaksana di pintu keluar arena pelantikan.

“Karena yang hadir banyak masyarakat, makanya kami siapkan suvenir yang dapat benar-benar bermanfaat seperti sembako. Sehingga benar-benar bisa dipergunakan tidak hanya sebatas suvenir,” jelas Aziz

Aziz menjelaskan total anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan suvenir sembako ini tercatat mencapai Rp900 juta. Masing-masing paket sembako yang diberikan berisi beras ukuran 5 kilogram, 1 liter minyak goreng dan 1 kilogram gula pasir.

Baca Juga: Golkar Siapkan 6 Nama Calon Ketua DPRD Balikpapan 

2. Paket sembako sesuai jumlah undangan

5 Ribu Paket Sembako Jadi Suvenir Pelantikan DPRD BalikpapanIDN Times/Maulana

Aziz menjelaskan dalam pelaksanaan pelantikan DPRD Balikpapan, pihaknya menyebar 5 ribu undangan yang terdiri dari forum komunikasi pimpinan daerah atau forkopimda, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), lurah, camat dan ketua RT se-Kota Balikpapan serta perwakilan pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) dan anggota DPRD periode sebelumnya.

Ia menjelaskan, jumlah paket sembako yang disediakan menyesuaikan jumlah undangan yang disebar. “Kami sediakan paket sesuai dengan jumlah undangan yang disiapkan. Undangan yang diberikan dapat ditukar dengan paket sembako yang disediakan oleh panitia,”ujarnya.

3. Undangan yang terlambat dilarang masuk

5 Ribu Paket Sembako Jadi Suvenir Pelantikan DPRD BalikpapanIDN Times/Maulana

Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan pelantikan, pihaknya panitia mewajibkan para tamu undangan yang hadir untuk membawa undangan ke tempat acara pelantikan. Bagi tamu yang tidak membawa undangan tidak diperkenankan masuk ke lokasi pelantikan.

Di pintu masuk lokasi pelantikan, petugas memeriksa seluruh tamu yang masuk dengan alat metal detector dan mesin pemindai tas bawaan para tamu undangan  yang datang.

Pintu masuk ke lokasi pelantikan ditutup sekitar pukul 10.00 Wita dan para tamu undangan yang terlambat datang tidak diperkenankan masuk ke lokasi pelantikan dan sebagian menunggu di luar pintu masuk.

Pelaksanaan pelantikan berjalan lancar dengan pengamanan sedikitnya 350 petugas kepolisian dan TNI yang mengamankan lokasi.

Baca Juga: 350 Personel TNI/Polri Amankan Pelantikan DPRD Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya