Comscore Tracker

Antisipasi Gangguan, AP 1 Imbau Warga Tidak Lepaskan Benda Terbang

Guna memastikan keselamatan penerbangan

Balikpapan, IDN Times - PT Angkasa Pura I (Persero) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melepaskan benda terbang seperti balon udara, layang-layang, lampion, drone, ataupun benda terbang sejenis tanpa izin di kawasan Bandar Udara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Hal itu disampaikan AP 1 karena beberapa potensi yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan di Bandara SAMS.

"Kami  mengimbau agar masyarakat di lingkungan bandara dapat mendukung upaya tentang pentingnya keselamatan penerbangan," kata Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Arif Sirajuddin dalam rilisnya di Balikpapan, Rabu (27/11).

1. Sosialisasi melibatkan seluruh elemen masyarakat bandara

Antisipasi Gangguan, AP 1 Imbau Warga Tidak Lepaskan Benda TerbangHumas AP1

Guna memberikan pemahaman terkait kegiatan yang dapat membahayakan penerbangan di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, PT Angkasa Pura I (Persero) menggelar sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penggunaan benda terbang terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Administrasi dihadiri Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Airnav, para lurah, perwakilan Rukun Tetangga serta para Pejabat PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Rabu (27/11).

Arif menjelaskan kegiatan sosialisasi ini merupakan perwujudan penerapan dari Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan tentang keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Kami mengajak seluruh masyarakat dan instansi yang berada di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) untuk bersama menjaga kesehatan dan keamanan di bandara," ujarnya.

Baca Juga: Jumlah Pendaftar CPNSD di Balikpapan Capai Lebih dari 6 Ribu Orang

2. Keamanan bandara tanggung jawab bersama

Antisipasi Gangguan, AP 1 Imbau Warga Tidak Lepaskan Benda TerbangHumas AP1

Dalam sambutannya, Arif  mengatakan agar sejumlah Instansi yang ada di lingkungan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) dapat saling menghimbau kepada masyarakat di lingkungan masing-masing untuk mengingat tentang pentingnya menjaga  keselamatan penerbangan.

“Perlu kita ketahui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan milik kita semua yang merupakan bandara kebanggaan warga Kalimantan Timur pada umumnya, serta Balikpapan pada khususnya mari kita bersama-sama menjaganya, patut kita syukuri juga letak Bandara cukup diuntungkan dengan minimnya obstacle (gangguan berupa benda atau hal yang membahayakan seperti kabut) karena berdekatan dengan laut,"  jelas Arif.

3. Untuk melindungi masyarakat terhadap bahaya kecelakaan pesawat

Antisipasi Gangguan, AP 1 Imbau Warga Tidak Lepaskan Benda TerbangHumas AP1

Airport Safety & Quality Management Senior Manager AP I, Darji, juga memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk  menekankan materi terkait peraturan keamanan penerbangan bagi masyarakat yang berada di area KKOP. Serta menjelaskan secara detail aktivitas yang membahayakan penerbangan.

Kegiatan sosialisasi ini, merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Bandara SAMS Sepinggan yang tujuannya untuk memaksimalkan keselamatan dan keamanan penerbangan disamping itu melindungi masyarakat di sekitar bandar udara terhadap kemungkinan bahaya kecelakaan pesawat udara.

 

Baca Juga: Antisipasi Kejahatan di Balikpapan, Brimob Gelar Patroli Skala Besar

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya