Antusias, Peserta Simulasi CAT CPNS di Balikpapan Membludak 

Simulasi tes dilaksanakan 2 hari

Balikpapan, IDN Times - Ratusan pelamar terlihat antusias mengikuti kegiatan pelaksanaan simulasi Computer Assisted Test (CAT)  untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Selasa (17/12).

Ratusan pelamar sudah mengantre sejak pagi hari untuk menunggu kesempatan dapat mengikuti simulasi tes CPNS yang dibuka sejak pukul 09.00 hingga 15.00 Wita.

1. Pelamar mendaftar secara online

Antusias, Peserta Simulasi CAT CPNS di Balikpapan Membludak IDN Times/Maulana

Sejak mulai dipublikasikan pada minggu kedua bulan Desember 2019, jumlah pelamar yang mendaftar untuk mendapatkan kesempatan mengikuti simulasi tes CPNS di UPT BKN Balikpapan cukup banyak. 

Dari 400 kursi yang dibuka, hanya dalam beberapa hari sudah penuh. Ratusan pelamar menggunakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan gambaran umum tentang pelaksanaan ujian CPNS sesungguhnya.

Salah seorang pelamar,  Era, yang melamar untuk formasi di Mahkamah Agung (MA) mengaku sudah sejak pekan lalu mendaftar untuk mengikuti simulasi tes CPNS di UPT BKN Balikpapan.

Ia menjelaskan mengetahui informasi tentang akan adanya simulasi tes CPNS di di UPT BKN Balikpapan dari informasi yang beredar di media sosial. 

“Saya tahunya dari sosmed, lalu buka link-nya untuk mendaftar melalui google formulir yang disediakan secara online,” katanya.

Sementara itu, Fatimah, yang melamar untuk formasi guru di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan simulasi ini.

“Tadi saya mengerjakan sekitar 50 soal, soalnya mirip sih dengan tes sebelumnya, saya sudah beberapa kali ikut CPNS,” jelas Fatimah yang merupakan guru honorer di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Balikpapan Utara.

Baca Juga: CPNS 2019, Disnaker : Tidak Ada Kenaikan Permintaan Kartu Kuning

2. Simulasi dilaksanakan 2 hari

Antusias, Peserta Simulasi CAT CPNS di Balikpapan Membludak IDN Times/Maulana

Untuk menyikapi tingginya antusiasme pelamar untuk mengikuti kegiatan simulasi, Plt Kepala UPT BKN Balikpapan Surya Adhi Saputra mengatakan membagi kegiatan simulasi dalam dua hari yakni tanggal 17 dan 18 Desember 2019.

Dalam sehari, pihaknya membagi empat sesi pelaksanaan simulasi, dengan jumlah mencapai 200 orang per hari. Setiap sesi diberikan buka kesempatan bagi 55 pelamar yang akan mengikuti simulasi tes CPNS.

Kondisi ini diberlakukan karena keterbatasan jumlah peralatan yang dimiliki UPT BKN Balikpapan, yang hanya memiliki sebanyak 55 unit komputer untuk mendukung pelaksanaan simulasi ini.

“Kami buka pendaftar mulai minggu lalu ternyata banyak juga yang mendaftar, karena keterbatasan alat yang dimiliki kami batasi hanya untuk 400 orang saja, yang dibagi dalam dua hari. Satu hari masing-masing dibagi empat sesi, setiap sesi pelamar diberikan kesempatan selama 30 menit,” jelasnya.

3. Hampir lima ribu pelamar dinyatakan lulus administrasi

Antusias, Peserta Simulasi CAT CPNS di Balikpapan Membludak IDN Times/Maulana

Sebanyak 4.936 pelamar dinyatakan lulus administrasi  dari 7.814 pelamar online yang mendaftar dalam pelaksanaan CPNSD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan pada tahun 2019 ini. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Balikpapan Robi Ruswanto menjelaskan pihaknya telah mengumumkan secara resmi hasil seleksi administrasi CPNSD Balikpapan pada Senin, 16 Desember 2019 lalu.

Pengumuman melalui  website BKPSDM Kota Balikpapan yang dapat diakses melalui situs www.balikpapan.go.id . Saat ini pihaknya masih melaksanakan masa sanggah terhadap keputusan tersebut mulai 16 -  26 Desember 2019.  

Selanjutnya, ia menjelaskan pelaksanaan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) akan dilaksanakan pada 27 Januari 2020 hingga 28 Februari  2020. Untuk pengumuman hasil SKD akan diumumkan pada 22-23 Maret 2020.

Lalu, pelamar akan mengikuti pelaksanaan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) akan kembali dilaksanakan pada  25 Maret-10 April 2020. Penyampaian hasil seleksi SKB dilaksanakan pada 27-30 April 2020 dan pengumuman hasil akhir seleksi CPNS akan dilaksanakan pada 1 Mei 2020.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ini Alasan Kementerian Agama Menunda Pengumuman CPNS

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya