Balikpapan Targetkan Juara Umum KTNA Kaltim ke-10 

Pepaya dan salak jadi unggulan

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 103 petani asal Balikpapan diberangkatkan untuk mengikuti Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Indonesia (Peda KTNA) Nelayan Andalan 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Peda KTNA ke 10 tingkat Kaltim akan digelar tanggal 20 - 25 Juli 2019 di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Keberangkatan mereka dilepas langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dari halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (16/7). Para petani yang ikut terdiri dari 75 petani lokal Balikpapan ditambah dengan pendamping akan memamerkan hasil pertanian  Balikpapan.

1. Target Juara Umum

Balikpapan Targetkan Juara Umum KTNA Kaltim ke-10 IDN Times/Maulana

Ketua rombongan tani asal Balikpapan, Warsito mengatakan keberangkatan ini adalah yang ke-10 kalinya petani asal Balikpapan mengikuti ajang pertanian tingkat Kaltim Peda KTNA. Ia berharap dapat kembali meraih juara umum dalam Peda KTNA 2019.

Dalam ajang ini, pihaknya akan membuka stand pameran untuk memamerkan sejumlah produk pertanian dan hasil olahan asal Kota Balikpapan.

"Banyak yang akan kita pamerkan seperti pepaya, ikan laut yang dibuat amplang dan produk unggulan lainnya singkong," kata Warsito yang diwawancarai usai menghadiri acara pelepasan yang dilaksanakan di halaman kantor wali kota Balikpapan.

Melalui produk unggulan yang dibawa tersebut, puluhan petani Balikpapan dapat mempertahankan juara umum stand pameran terbaik setelah pada tiga tahun lalu memperoleh predikat tersebut.

Baca Juga: Masih Banyak Petani di DIY Belum Ikut Asuransi Pertanian

2. Tempat ajang bertukar teknologi

Balikpapan Targetkan Juara Umum KTNA Kaltim ke-10 IDN Times/Maulana

Warsito menjelaskan berdasarkan informasi yang diterimanya, 103 petani asal Balikpapan akan berkompetisi dengan 2.350 petani lain di Kaltim pada Peda KTNA 2019

Selain untuk berkompetisi, ajang Peda KTNA 2019 juga merupakan wadah untuk bertukar informasi dan teknologi di bidang pertanian dan hasil olahannya.

"Kami akan bertukar informasi terkait cara pengelolaan pertanian dan hasil olahannya, sehingga ketika kembali ke Balikpapan dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pertanian di Balikpapan," jelasnya.

3. Banyak produk pertanian yang dipamerkan

Balikpapan Targetkan Juara Umum KTNA Kaltim ke-10 IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan Heria Prisni menjelaskan, para petani yang mengikuti Peda KTNA 2019 dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperoleh informasi dalam meningkatkan usaha petani.

Dengan mengadopsi hasil pertanian yang ada untuk diterapkan di Kota Balikpapan. "Karena yang hadir berasal dari sejumlah kabupaten/kota yang ada di Kaltim, sehingga informasi yang diperoleh dapat diadopsi untuk diterapkan di Kota Balikpapan," ujarnya.

Ada banyak produk pertanian yang dipamerkan diantaranya pepaya yang merupakan hasil pertanian unggulan asal Kota Balikpapan. Dan salak serta hasil olahan dari ikan seperti amplang.

Baca Juga: Petani Berisiko Gagal Panen, Bulog Diminta Maksimal Serap Beras

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya