Bandara SAMS Sepinggan Luncurkan Layanan Premium Khusus Jemaah Umrah 

Penerbangan langsung Balikpapan - Jeddah

Balikpapan, IDN Times - PT Angkasa Pura I  Balikpapan berencana meluncurkan layanan premium untuk melayani calon jemaah umrah.

Layanan ini merupakan upaya yang dilakukan PT Angkasa Pura 1 untuk meningkatkan pelayanan jemaah umrah agar lebih nyaman dalam menjalankan ibadah.

"Pertama kali di Indonesia, kami akan luncurkan airport premium service for umrah, ini akan menjadi contoh bagi bandara lainnya di Indonesia," kata General Manager  PT Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha di Kantor Administrasi PT Angkasa Pura I Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, belum lama ini.

1. Pertama di Indonesia, bakal jadi contoh bandara lainnya

Bandara SAMS Sepinggan Luncurkan Layanan Premium Khusus Jemaah Umrah IDN Times/Surya Aditya

Farid menyebutkan program layanan premium untuk jemaah umrah ini merupakan yang pertama dilakukan oleh Bandara SAMS Balikpapan, dan akan menjadi contoh bagi bandara lain di Indonesia.

Melalui layanan baru ini, seluruh pelayanan kepada jemaah umrah akan terkoordinasi dalam satu area khusus.

"Jadi layanan yang ada disediakan di satu tempat dari check in, musala hingga tempat istirahat, jadi tidak perlu kemana-mana lagi," jelasnya.

Layanan ini diberikan agar jemaah umrah lebih nyaman dalam melakukan perjalanan ibadah.

Baca Juga: 10 Wisata Religi yang Bisa Dikunjungi Saat Umroh, Bikin Hati Merinding

2. Sediakan layanan penerbangan langsung ke Jeddah

Bandara SAMS Sepinggan Luncurkan Layanan Premium Khusus Jemaah Umrah Dok.Istimewa/Lion Air

Farid menjelaskan, akan disediakan layanan penerbangan langsung dari  bandara SAMS Sepinggan ke Jeddah, Arab Saudi dengan maskapai Lion Air. 

"Ini adalah yang pertama adanya layanan penerbangan langsung ke Jeddah bagi jemaah umrah, penerbangan perdana akan dilaksanakan pada tanggal 25 September nanti, dengan menggunakan pesawat Airbus A330 milik maskapai Lion Air," terangnya.

Penerbangan langsung ke Jeddah ini akan memangkas waktu penerbangan jemaah umrah yang selama ini mesti transit di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

"Selama ini perjalanan ke Jeddah sekitar 10 jam, tapi mereka harus ke Jakarta dulu dan menunggu transit," jelasnya.

3. Gandeng travel untuk manfaat fasilitas premium for umroh

Bandara SAMS Sepinggan Luncurkan Layanan Premium Khusus Jemaah Umrah IDN Times/Istimewa

Guna memaksimalkan layanan premium untuk umrah ini, pihak Angkasa Pura I akan menggandeng sejumlah pengusaha travel penyedia layanan umrah.

"Kita akan melakukan kerja sama dengan travel, harapan saya banyak yang ikut, memang ada biaya tambahan, tapi tidak besar," ungkapnya.

Layanan premium ini dapat menjadi pertimbangan bagi travel penyedia layanan umrah, untuk memberikan layanan yang lebih nyaman pada jemaah.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Masjidil Haram Saat Haji dan Umrah 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya