Bocor Lagi, 50 Persen Distribusi Air Bersih PDAM Balikpapan Terganggu 

Hampir seminggu air PDAM tidak mengalir

Balikpapan, IDN Times - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan menghentikan sekitar 50 persen distribusi air bersih bagi masyarakat Kota Balikpapan pada hari Rabu (18/12) mulai pukul jam 22.30 Wita.

Kondisi ini menyebabkan krisis air bersih di Balikpapan selama sepekan ini, setelah sebelumnya PDAM juga menghentikan distribusi air bersih pada pada Minggu, 15 Desember lalu. Distribusi air PDAM ini terhenti akibat kegiatan pemindahan pipa air baku yang terkena proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda.

Selain itu juga terjadi kebocoran pipa pipa distribusi air baku dari Waduk Manggar di kawasan Jalan Transad Kilometer 12 yang mengganggu suplai air baku ke Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Kilometer 8, Karang Joang, Balikpapan Utara.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan, karena barusan saja IPAM KM.8 mengalami stop distribusi pada Minggu, 15 Desember 2019 lalu, karena kegiatan pemindahan pipa air baku di jalan tol. Kini pipa jalur air baku IPAM Kilometer 8, kembali bocor di lokasi yang berbeda, yaitu di lokasi jalur Transad Kilometer 12,” kata Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan Haidir Effendi dalam rilisnya, Kamis (19/12).

1. Kondisi pipa keropos

Bocor Lagi, 50 Persen Distribusi Air Bersih PDAM Balikpapan Terganggu Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan Haidir Effendi (IDN Times/Maulana)

Kondisi pipa yang sudah keropos menjadi salah satu penyebab utama sering terjadi kebocoran pipa di jalur distribusi air baku ke Instalasi Pengolahan Air Minum yang dimiliki PDAM Kota Balikpapan.

Haidir Menjelaskan, sejak dibangun pada tahun 1980, belum pernah dilakukan perbaikan ataupun pemeliharaan terhadap kondisi pipa air baku. PDAM Kota Balikpapan baru mulai melakukan perbaikan sejak tahun 2006 terhadap sejumlah titik yang terdapat indikasi akan menyebabkan kebocoran.

“Secara teknis, risiko kerusakan pipa air baku secara beruntun bisa pasti terjadi, karena perpindahan dan pergeseran jalur pipa yang saling berkaitan satu sama lain,” terangnya.

Pipa air baku ini memasok kebutuhan air baku dari Waduk Manggar untuk dua instalasi Pengolahan Air Minum yang dimiliki PDAM Kota Balikpapan yakni IPAM Damai dan IPAM KM 8, yang memenuhi sekitar 80 persen kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota BAlikpapan. Panjang pipa air baku ini tercatat mencapai 15 kilometer.

“Dalam waktu jangka pendek ini, PDAM hanya bisa maintenance pada jalur jalur tersebut semaksimal mungkin dan memastikan kontinuitas distribusi air agar tetap stabil,” jelasnya.

Baca Juga: Tol Balsam Dibuka Hari Ini, Meski Gratis Tetap Gunakan E-Toll 

2. Balikpapan terancam krisis air bersih

Bocor Lagi, 50 Persen Distribusi Air Bersih PDAM Balikpapan Terganggu Waduk Manggar di Balikpapan (IDN Times/Maulana)

Kondisi pipa air baku yang sudah keropos menyebabkan Kota Balikpapan terancam akan mengalami krisis air bersih. Karena sumber air baku dari Waduk Manggar masih menjadi kebutuhan utama, karena Waduk Teritip hingga saat ini belum juga beroperasi.

Dalam waktu jangka pendek ini, PDAM hanya bisa merawat dan memastikan kesinambungan distribusi air agar tetap stabil. Namun untuk jangka panjang, dibuat perencanaan untuk dilakukan pergantian terhadap pipa yang ada.

Rencana pergantian tersebut memerlukan perencanaan dan strategis teknis yang matang, karena dapat berimbas pada stop distribusi air bagi warga Kota Balikpapan dengan waktu yang lama.

3. Perbaikan ditargetkan selesaikan 1x24 jam

Bocor Lagi, 50 Persen Distribusi Air Bersih PDAM Balikpapan Terganggu Perbaikan pipa PDAM Balikpapan (Dok. PDAM Kota Balikpapan)

Akibat kejadian ini, PDAM Kota Balikpapan terpaksa secara darurat harus menghentikan operasional IPAM Kilometer 8 Batu Ampar sementara waktu. Akibatnya, 50 persen pelayanan distribusi air bersih di Balikpapan terganggu lagi, terutama bagi pelanggan yang mendapat aliran air dari IPAM Kilometer 8. 

“Kami harus melakukan perbaikan segera mungkin mulai malam tadi ini, dengan target kerja 1×24 jam, lebih cepat lebih baik, sehingga dengan demikian, rencana penyambungan pipa air baku yang berada di jalan tol untuk jalur IPAM Kampung Damai pada Kamis besok, 19 Desember 2019, kami tunda sampai waktu yang belum dapat dipastikan,” tuturnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Apresiasi Presiden Mau Resmikan TPA Manggar

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya