Ekonomi Dunia Melambat, Harga Batu Bara Diprediksi Melorot

Hilirisasi jadi solusi mendongkrak ekonomi daerah

Balikpapan, IDN Times - Harga komoditas batu bara dan minyak sawit atau CPO diperkirakan akan kembali mengalami penurunan pada tahun 2020 ini. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penurunan itu dipengaruhi oleh penurunan permintaan batu bara sebagai dampak dari perkiraan pertumbuhan ekonomi yang masih melambat pada tahun 2020 ini.

“Harga batu bara dan sawit diperkirakan akan kembali mengalami penurunan pada tahun ini, karena dampak masih melambatnya pertumbuhan ekonomi secara global yang menurunkan permintaan terhadap komoditas tersebut,” kata Perry ketika berbicara dalam Policy Dialogue Balikpapan dan Pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Balikpapan dan Kutai Kartanegara di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Jumat (17/1).

1. Kaltim akan merasakan dampak penurunan harga CPO dan batu bara

Ekonomi Dunia Melambat, Harga Batu Bara Diprediksi MelorotIDN Times/Maulana

Kondisi pertumbuhan ekonomi secara global diperkirakan akan kembali mengalami perlambatan pada tahun 2020 ini. Sejumlah negara seperti Tiongkok diperkirakan hanya akan tumbuh 3,1 persen pada tahun 2020 dari pencapaian tahun 2019 sebelumnya 3 persen.

Lalu, Amerika akan mengalami penurunan dari 2,3 persen menjadi 2 persen. Kemudian, Jepang juga akan mengalami penurunan dari 0,6 persen menjadi 0,5 persen. Dan India yang akan tumbuh dari 5,9 persen menjadi 6,9 persen. Sedangkan untuk negara Uni Eropa tidak berubah di angka 1 persen sama seperti tahun 2019.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi yang sejumlah negara tersebut diperkirakan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi pada Indonesia khususnya untuk ekspor batu bara dan minyak sawit.

Permintaan batu bara dari Tiongkok diperkirakan tidak akan tumbuh secara signifikan akibat dampak pertumbuhan ekonomi yang melambat. Harga komoditas batu bara diperkirakan akan kembali mengalami penurunan minus 4,9 persen pada tahun 2020, setelah sempat mengalami penurunan sebesar minus 9,1 persen pada tahun 2019.

Sedangkan untuk minyak sawit diperkirakan akan kembali tumbuh sebanyak 4.9 persen pada tahun 2020. Naik dibandingkan tahun 2019, yang sempat mengalami minus 4,3 persen akibat dapat pengurangan ekspor dari Uni Eropa.

Perry menjelaskan kondisi pertumbuhan ekonomi yang melambat diperkirakan banyak berpengaruh terhadap pertumbuhan di sejumlah daerah yang penghasilannya berasal dari komoditas batu bara seperti Kalimantan Timur.

“Tahun ini, pertumbuhan ekonomi yang masih melambat masih akan tetap dirasakan seperti di Kalimantan yang penghasilannya berasal dari batu bara,” ujarnya.

Baca Juga: Dianggap Ilegal, DPRD Balikpapan Usulkan Pertamini Diberikan Izin UMKM

2. Dorong proses hilirisasi

Ekonomi Dunia Melambat, Harga Batu Bara Diprediksi MelorotIDN Times/Maulana

Untuk mengatasi persoalan melambatnya pertumbuhan ekonomi, serta dampak menurunnya harga komoditas batu bara bagi daerah, pemerintah saat ini tengah mendorong untuk melakukan pertumbuhan industri hilir sebagai alternatif penghasilan di daerah.

Ia menjelaskan, pembangunan industri hilir merupakan bentuk strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi baru jangka panjang sehingga tidak tergantung pada harga komoditas.

Selain hilirisasi, Perry menambahkan faktor lain penunjang perekonomian daerah adalah pembangunan infrastruktur. Dia menjelaskan komitmen pemerintah saat ini masih menggencarkan pembangunan infrastruktur bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi di daerah seperti contohnya jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

3. Wali Kota Balikpapan: IKN menjadi harapan baru bagi Kaltim

Ekonomi Dunia Melambat, Harga Batu Bara Diprediksi MelorotIDN Times/Maulana

Kondisi Provinsi Kalimantan Timur yang masih mengalami ketergantungan terhadap pendapatan daerah dari sektor batu bara dan minyak sawit akan terdampak saat terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi secara global.

Harga komoditas batu bara dan sawit yang menurun dalam beberapa tahun terakhir telah berdampak pada penurunan pendapatan daerah di wilayah Kalimantan Timur.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan siap mendukung rencana pemerintah pusat untuk mewujudkan program hilirisasi dalam mendorong pertumbuhan penguatan ekonomi di daerah.

Rizal yakin dengan kebijakan pemerintah yang telah menetapkan Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota negara yang baru akan memberikan dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di sekitarnya khususnya di Kota Balikpapan.

Kebijakan pemindahan ibu kota negara tersebut diperkirakan akan menambah minat para investor untuk menanamkan investasi di Kota Balikpapan yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri hilir.

“Dulu orang masih ragu berinvestasi hilir di Kaltim, sekarang dengan ada IKN dipastikan daya tariknya menjadi tinggi,” jelasnya.

Baca Juga: Bicarakan Proyek di Warkop, Dua Pemuda di Balikpapan Ditikam

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya