Comscore Tracker

Ini Target PDIP pada Pilkada Serentak di Kaltim 

Menang di 9 kabupaten kota

Balikpapan, IDN Times - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDIP)  Perjuangan menargetkan untuk meraih kemenangan dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

"Sesuai hasil kongres di Bali, kami targetkan kemenangan untuk Pilkada di 9 kabupaten/kota di Kaltim, target kami kepala daerah atau wakilnya minimal," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Timur Safaruddin kepada wartawan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu (17/8).

1. Targetkan kemenangan di 9 kabupaten/kota

Ini Target PDIP pada Pilkada Serentak di Kaltim Unsplash.com/Arnaud Jaegers

Dari 270 kabupaten/kota yang dijadwalkan mengikuti Pilkada serentak pada tahun 2020, terdapat sembilan kabupaten/kota di Kalimantan Timur. Sembilan kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak yakni Kabupaten Paser, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahulu, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau.

"Kami akan melihat lagi siapa yang berpeluang untuk dimajukan sebagai kepala daerah. Saat sudah ada beberapa yang mendekat, namun secara resmi," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari partai terkait penentuan calon yang akan diusung.

Baca Juga: Launching Pilwali Balikpapan 2020 Bakal Molor hingga Oktober 

2. PDIP akan melakukan survei kelayakan calon

Ini Target PDIP pada Pilkada Serentak di Kaltim IDN Times/Handoko

Sebagai upaya untuk meraih target kemenangan dalam Pilkada 2020. PDIP berencana akan menggelar survei untuk menentukan kelayakan calon yang akan diusung.

Safaruddin menjelaskan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu keputusan partai terkait proses penentuan calon yang akan diusung termasuk mekanisme dalam menentukan calon. "Kami masih menunggu dari partai, termasuk bagaimana mekanismenya," ujarnya.

3. Safaruddin menyatakan siap maju di Pilwali Balikpapan

Ini Target PDIP pada Pilkada Serentak di Kaltim IDN Times/Handoko

Dari sembilan kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak, Safaruddin menyatakan siap menjadi calon kepala daerah di Kota Balikpapan. Menurutnya, Kota Balikpapan memberinya peluang untuk memenangkan perolehan suara lebih besar dibandingkan daerah lainnya di Kaltim.

Hal itu disebutkannya, berdasarkan pengalaman dalam pencalonan pada Pemilihan Gubernur 2018. Dari sekian daerah, berdasarkan data yang dimilikinya, perolehan tertinggi ada di Kota Balikpapan.

"Pengalaman, saya menang di Balikpapan, kalau Samarinda saya kalah," tuturnya.

Saat ini, telah muncul beberapa nama untuk wilayah Samarinda, Kutai Kartanegara dan Kutai Barat yang mulai melakukan pendekatan ke PDIP. Sedangkan di Balikpapan belum ada satupun calon yang merapat.

"Yang jelas, Safaruddin pasti siap," katanya.

Safaruddin diisukan akan menjadi pesaing ketat, bagi calon petahana Rahmad Masud, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan. Rahmad Mas'ud juga menjabat sebagai ketua DPD Golkar Kota Balikpapan.

Baca Juga: Pilwali 2020, Samarinda Butuh Figur Baru

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You